Pelatih Shin Tae-yong Jadikan Asnawi Mangkualam Tolok Ukur Timnas Indonesia

Pelatih Shin Tae-yong Jadikan Asnawi Mangkualam Tolok Ukur Timnas Indonesia
(Kompas Bola : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Rabu, 16 Juni 2021 09:31 WIB

Terasjabar.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak ragu memberikan pujian setinggi langit untuk Asnawi Mangkualam Bahar. Semua penggawa Garuda disebutnya harus meniru sikap dan kedisiplinan pemain Ansan Greeners tersebut.

Shin Tae-yong menjadikan Asnawi sebagai tolok ukur seperti apa standar yang harus dimiliki pemain Indonesia jika ingin jadi pesepakbola yang baik.

"Jika semua pemain bermain seperti Asnawi, sepak bola Indonesia juga akan berubah,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Media Korsel, Khan.

Meski tidak mengungkapkan lebih detail terkait alasannya memuji tinggi Asnawi, performa eks PSM Makassar bersama Ansan Greeners di K-League jelas jadi alasannya.

Merujuk Transfermarkt, Asnawi yang merupakan pemain Indonesia pertama di K-League, telah tampil enam kali bersama Ansan Greeners dengan capaian satu gol.

Sebelum meninggalkan Korea untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia awal Juni lalu, Asnawi tampil meyakinkan bersama timnya.

Meski diplot di sayap kanan --di luar posisi aslinya--, Asnawi konsisten dimainkan pelatih Kim Gil-sik. Dia mendapat menit yang cukup banyak dalam lima laga yang dimainkannya yakni 354 menit.

Setelah Kualifikasi Piala Dunia usai, rombongan Timnas Indonesia sudah tiba di Jakarta sejak Sabtu (12/6/2021), tetapi Asnawi memilih tidak pulang ke Tanah Air dan langsung bertolak ke Korea Selatan.

Mantan pemain PSM Makassar itu harus langsung ke Korea Selatan karena adanya aturan menjalani karantina selama 14 hari lebih dahulu sebelum bergabung dengan Ansan Greeners.

Shin Tae-yong sendiri bertekad untuk memberikan perubahan dalam tubuh sepakbola Indonesia. Dia berjanji skuad Garuda akan unjuk gigi di SEA Games 2021 Vietnam November mendatang.

Pengalaman tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dua pekan lalu diharapkan Shin bisa memberi manfaat bagi para pemain yang akan tampil di SEA Games nanti.

Ajang SEA Games diketahui memiliki aturan tersendiri di mana setiap negara hanya boleh mendaftarkan pemain dengan batasn usia 22 tahun, plus dua pemain senior.

"Sebanyak 15 pemain yang berpartisipasi dalam [Kualifikasi] Piala Dunia ini memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam kelompok usia ini," beber Shin.

Disadur dari Suara.com 

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Asnawi Ansan Greeners


Loading...