FIFA Memberi Lampu Hijau, Ezra Walian Tak Sabar Bela Timnas Indonesia

FIFA Memberi Lampu Hijau, Ezra Walian Tak Sabar Bela Timnas Indonesia
(Kumparan.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 15 Juni 2021 13:59 WIB

Terasjabar.id - Ezra Walian meluapkan rasa syukur dan kebahagiannya setelah masalah administrasi alih statusnya rampung. Dia tak sabar untuk kembali membela Timnas Indonesia.

Pengajuan perubahan asosiasi Ezra Walian dari Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda (KNVB) menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) disetujui FIFA.

Kabar itu diungkapkan Sekjen PSSI, Yunus Nusi. FIFA lewat Komite Status Pemain disebutnya telah mengirimkan surat putusan yang menyetujui perubahan asosiasi Ezra.

"Hari ini adalah hari yang baik! FIFA sudah memberikan lampu hijau, asosiasi saya sudah berubah dan akhirnya boleh tampil untuk negara saya lagi," tulis Ezra Walian di Instagram, Selasa (15/6/2021).

"Mari kita lanjutkan kerja keras dan melakukan hal yang saya paling cintai, bermain bola dan kita akan lihat apa yang akan terjadi di masa depan! Terima kasih @pssi @persib
Terima kasih banyak buat semua suporter atas dukungannya!" tambahnya.

Ezra Walian sejatinya telah dinaturalisasi Timnas Indonesia sejak 2017. Namun, dia tak boleh membela skuad Garuda dalam kalender FIFA karena masalah administrasi.

FIFA saat itu menganggap Ezra Walian tidak bisa membela Indonesia karena sempat berseragam Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17.

Mantan pemain jong Ajax itu bahkan pernah bermain untuk Tim Oranje U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014.

Sebelum FIFA mengizinkan Ezra membela Timnas Indonesia, PSSI lebih dulu mengirim surat kepada FIFA pada Jumat (11/6/2021) untuk menanyakan kejelasan status penyerang 23 tahun tersebut.

Surat itu dikirim ke FIFA setelah Ezra Walian mengirim akte kelahiran orang tuanya kepada PSSI guna membantu proses alih statusnya sebagai pesepakbola Indonesia.

Sebelum FIFA memberi lampu hijau untuk membela Timnas Indonesia, nasib Ezra Walian sempat terkatung-katung.

Pemain yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Glenn Walian itu sempat dilarang tampil oleh FIFA pada Kualifikasi Piala AFC 2020, Maret 2019 lalu.

Saat itu, Ezra tak boleh diturunkan skuad Garuda lantaran AFC menerima memorandum dari Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda (KNVB) bahwa sang pemain sempat membela Tim Oranje.

Tercatat, Ezra cuma memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2017 karena ajang tersebut memiliki regulasi tersendiri dan tidak berada langsung di bawah yuridiksi AFC dan FIFA.


"Putusan [FIFA] tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima, dan Ezra Walian berhak memiliki kesempatan membela skuad Timnas Indonesia di turnamen apapun," kata Yunus Nusi dalam keterangan resminya, Senin (14/6/2021).

Disadur dari Suara.com 

Ezra Walian Persib Bandung Timnas Indonesia Liga 1 FIFA


Loading...