Kabar Terbaru Uki Eks Gitaris NOAH, Buka Rumah Makan Gratis, Mahasiswa, Ojol & Warga Silakan Datang

Kabar Terbaru Uki Eks Gitaris NOAH, Buka Rumah Makan Gratis, Mahasiswa, Ojol & Warga Silakan Datang
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Seleb —Selasa, 15 Juni 2021 09:34 WIB

Terasjabar.id - Kabar terbaru datang dari Mohammad Kautsar Hikmat atau Uki eks gitaris Band NOAH.

Uki kini membuka rumah makan.

Uniknya, pengunjung yang datang tak perlu membayar alias gratis.

Ia memberi nama rumah makan itu Rumah Makan Gratis Uki Kautsar.

Rumah makan ini berada di kawasan pendidikan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Meski gratis, masakan dan makanan yang dihidangkan bisa memanjakan lidah siapa pun yang menyantapnya.

Rumah makan itu menyajikan makanan kepada warga atau pengendara yang melintas di jalur penghubung Bandung-Cirebon secara gratis, tanpa syarat.

Abu Faiz, pengelola rumah makan mengatakan, rumah makan gratis yang berada sekitar satu kilometer dari Gerbang Tol Cileunyi itu tersebut telah dibuka sejak lima bulan silam.

"Saat ini, bulan kelima buka di sini ( Jatinangor). Kami buka mulai Senin hingga Sabtu," ujar Abu Faiz saat ditemui Tribun Jabar di lokasi, Senin (14/6/2021).

Rumah makan gratis di Kawasan Pendidikan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, milik mantan gitaris band NOAH, Uki Kautsar.
Rumah makan gratis di Kawasan Pendidikan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, milik mantan gitaris band NOAH, Uki Kautsar. (Tribun Jabar/Kiki Andriana)

Melihat spanduk yang dipasang di depan rumah makan terlihat, dalam sehari mereka buka dua kali.

Yang pertama pukul 10.00 sampai makanan habis.

Kemudian yang kedua pukul 18.00 sampai makanan habis.

Ia menuturkan, dalam setiap harinya makanan yang ada rumah makan tersebut dicicipi oleh berbagai kalangan.

Di antarnya, mahasiswa, pengemudi ojek online, sopir angkot, dan pengendara yang bertujuan dari arah Bandung menuju Cirebon.

"Semua boleh makan di sini, kita tidak akan memandang. Silakan makan di sini," ucap Abu Hafiz menambahkan.

Menurutnya, rumah makan tersebut rencananya akan digratiskan selamanya kepada warga maupun pengendara yang melintas ke kawasan Jatinangor.

"Insya Allah, selamanya akan digratiskan. Mohon doa dari semuanya, baik Pemkab Sumedang, juga dari para donatur yang telah mensedekahkan harta-harta terbaiknya," ucap Abu.

Ia menambahkan, saat ini ratusan porsi hidangan makanan disajikan secara gratis.

"Dalam sehari kami dapat sajikan sebanyak 400 porsi untuk digratiskan. Bila ada yang melintas ke Jatinangor, silahkan mampir ke sini, jangan sungkan," kata dia.

Mohammad Kautsar Hikmat alias Uki Noah yang kini pilih hijrah
Mohammad Kautsar Hikmat alias Uki Noah yang kini pilih hijrah (Capture Instagram.com/@syafiqrizabasalamah_official)

Kehidupan Uki Lebih Tenang

Uki memutuskan untuk hijrah dan keluar dari band Noah sejak Agustus 2019 silam, Mohammad Kautsar Hikmat atau lebih dikenal dengan nama Uki menceritakan kondisi keuangannya sekarang.

Dalam video di saluran YouTube Moslem Journey dengan tajuk 'Begini Keadaan Financial Uki Setelah Hijrah - Bagian Ketiga' yang tayang pada 18 Desember 2019 lalu, Uki bercerita.

Uki menjelaskan bahwa kondisi keuangannya setelah hijrah dan keluar dari Noah tetap baik-baik saja. Ia pun mencari mata pencarian lain seperti bisnis.

Kesibukan Uki Kautsar pun kini diisi dengan bisnis dan kajian. Uki mengaku kehidupannya jauh lebih tenang setelah memutuskan untuk hijrah.

Setelah memutuskan untuk hengkang dari band yang telah membesarkan namanya dan menjadi sumber penghasilan terbesarnya kala itu, Uki pun memilih untuk berbisnis.

Uki menjelaskan, ia kini memilih untuk menjalani bisnis apparel dengan merek dagang bernama Emka. Ini merupakan busana yang ditujukan untuk anak muda muslim.

"Sekarang fokus full di clothing, brand clothing Emka. Kebanyakan brand untuk anak muda muslim," terang Uki.

Pria kelahiran Bandung, 5 Oktober 1981 ini menceritakan alasan mengapa dirinya memutuskan untuk bisnis apparel. Soalnya, ini ingin 'beriklan' pada kaus yang dipakai anak-anak muda dengan baik.

Uki sendiri berupaya untuk membuat desain baju yang dibuatnya sebagai media untuk berdakwah. Ia membuat desain dengan gambar atau tulisan yang mengingatkan kepada Allah SWT.

"Awal pengennya buat anak muda jangan sampai mempromosikan hal yang gak baik tapi kita sendiri gak sadar bahwa itu gak baik. Mengingatkan orang pada Allah," jelasnya.

Lebih lanjut, Uki menjelaskan bahwa setelah keluar dari Noah bisa dibilang uang yang dimilikinya menumpuk. Padahal, pengeluaran yang dibutuhkan hanya segitu-gitu saja.

"Ini pertimbangan, memang kita di band itu kasarnya uang merem. Waktu pulang umroh dan mempelajari agama, uang jadi numpuk," paparnya.

Sejak dulu, Uki mengaku bahwa ia memiliki kehidupan sederhana. Maka, saat memiliki banyak uang sebagai penghasilannya selama bersama Noah, Uki tetap hidup apa adanya.

"Saya gak boros. Saya dari dulu sudah hidup apa adanya. Sebutuhnya aja. Pas kita hidupnya dalam arti pas-pasan, yang banyak ini buat apa? Banyak yang lebih kaya dari saya, bahagia belum tentu, ketenangan belum tentu," paparnya.

Hingga saat ini, Uki mengaku masih menerima dan mengambil royalti yang didapatkannya saat tergabung bersama Noah. Namun, kebanyakan royalti yang didapatkan dipakai untuk disalurkan kepada orang yang kurang mampu.

"Beberapa fikih yang ana udah nanyain sama beberapa ustaz. Kalau bisa royalti diambil, takutnya dipakai sama orang yang gak tahu dipakai apa. Jadi mendingkan diambil dan disalurkan," terangnya.(Tribunjabar.id)




Gitaris NOAH Uki Sumedang Mahasiswa Ojol Warga Viral


Loading...