Sekjen PSSI Mengatakan 'Ezra Walian Bisa Bela Timnas di Laga-Turnamen FIFA'

Sekjen PSSI Mengatakan 'Ezra Walian Bisa Bela Timnas di Laga-Turnamen FIFA'
(Kumparan : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 15 Juni 2021 09:18 WIB

Terasjabar.id -- Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi memastikan pemain Persib Bandung Ezra Walian dapat memperkuat timnas Indonesia di laga maupun turnamen resmi naungan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (14/6), Yunus menyebut bahwa hal itu sesuai dengan keputusan Komite Status Pemain FIFA dalam surat yang diterima PSSI pada Senin (14/6).

"Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima dan dia berhak memiliki kesempatan membela skuad timnas Indonesia di turnamen apapun," ujar pria asal Gorontalo itu.

Menurut Yunus, persoalan Ezra menjadi salah satu prioritas Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Ia pun bersyukur polemik status pesepak bola berdarah Belanda tersebut sudah selesai.

Ezra Walian sudah dinaturalisasi dari warga negara Belanda menjadi Indonesia pada 2017. Akan tetapi, sejak 2019, pesepak bola berusia 23 tahun tersebut tidak dapat berlaga di turnamen atau pun pertandingan FIFA/AFC lantaran FIFA menganggap peralihan federasi Ezra, dari KNVB ke PSSI, belum tuntas.

Hal tersebut sempat membuat Ezra hanya diperkenankan membela timnas Indonesia di ajang non-FIFA seperti, misalnya, SEA Games. Ezra sebelumnya tercatat sebagai pemain timnas U-15, U-16, dan U-17 Belanda.

Anak dari pria berdarah Manado, Glenn Walian (yang dinaturalisasi bersama Ezra pada 2017), itu sempat bermain di Kualifikasi Piala Eropa U-17 bersama timnas U-17 Belanda.

Disadur dari  Republika.co.id

Sekjen PSSI Persib Bandung Ezra Walian Timnas Indonesia


Loading...