Jembatan Citonjong Jamberama Jadi Sasaran TMMD ke - 111

Jembatan Citonjong Jamberama Jadi Sasaran TMMD ke - 111
Editor: Epenz Teras Kuningan —Senin, 14 Juni 2021 08:49 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Kondisi Jembatan sungai Citonjong sepanjang 20 meter lebar 1,5 meter di Dusun Cilimus RT 05 RW 02, Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, saat ini kondisinya sangat rapuh sehingga dikhawatirkan, membahayakan warga yang melintas.

Untuk mengantisipasi arus angkutan ini Jembatan yang lapuk tersebut menjadi sasaran fisik program TMMD ke - 111 Tahun 2021 Kodim 0615/Kuningan. Kepala Desa Jamberama Suryaka saat di wawancarai menjelaskan, Jembatan tradisional ini terbuat dari bahan bambu yang menghubungkan antara RW 01 dengan RW 02. Jembatan itu sangat vital bagi warga setempat terutama untuk mengangkut hasil bumi dari hutan, ujar Suryaka, Minggu (13/06/2021).


Untuk mengangkut hasil bumi itu kata Suryaka, masyarakat harus terlebih dahulu melewati jembatan bambu yang kondisinya sudah rapuh dan sangat mengkhawatirkan, imbuh dia.

Sementara itu, Ismat (54) seorang petani desa setempat menuturkan, mata pencaharian penduduk di desa ini selain bertani, masyarakat banyak yang berkebun hasil bumi seperti kopi, kapol, dan pala. Kami peroleh dari hutan disebrang sana dengan melewati jembatan bambu ini," ujar warga Dusun Cilimus ini.

Gambar

Kepala Desa Jamberama, Suryaka menambahkan, kondisi jembatan yang sudah rapuh itu membuat dirinya merasa was-was. Apalagi jika musim hujan tiba. "Jika musim hujan tiba, terlebih jika terjadi banjir, sering sekali jembatan tersebut terseret arus air.


Namun Alhamdulillah, sejauh ini belum pernah ada korban jiwa. Tapi setiap tahun, kami harus selalu mengganti jembatan tersebut," jelasnya.

Dikatakan Suryaka, meski jembatan tersebut tidak bisa digunakan untuk membawa beban yang berat-berat, namun tetap saja Ia merasa khawatir karena kondisi jembatan tersebut sudah rapuh. "Apalagi kalau emak-emak atau kakek-kakek yang melintas di jembatan ini dengan membawa hasil panennya, dikhawatirjan terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Orang yang mau pergi ke hutan atau pulang dari hutan, pasti melewati jembatan tersebut," ungkap Suryaka.

Kehadiran bapak-bapak melalui program TMMD ke - 111 Tahun 2021 ini, bersama warga Desa Jamberama merasa senang karena Kodim 0615/Kuningan akan membangun jembatan permanen. "Tentunya saya dan masyarakat merasa senang. Sehingga setiap tahunnya kita tidak harus mengganti jembatan. Dan, masyarakat pun akan merasa nyaman dan aman kalau pergi ke hutan," pungkas dia. (H Aboy)

TMMD Jembatan Citonjong Kuningan JamberamaKodim 0615/Kuningan


Loading...