Dokter Timnas Denmark Ungkap Cara Selamatkan Christian Eriksen

Dokter Timnas Denmark Ungkap Cara Selamatkan Christian Eriksen
(DailyMail : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Senin, 14 Juni 2021 08:36 WIB

Terasjabar.id -- Dokter timnas sepakbola Denmark, Martin Boesen mengungkapkan fakta yang membuat Christian Eriksen terjatuh tak sadarkan diri saat bertanding melawan Finlandia di babak penyisihan grup B Euro 2020, Sabtu (12/6) malam WIB. 

"Ketika saya berada di sampingnya, dia masih bernafas, saya bisa rasakan denyut nadinya. Tapi, tiba-tiba (nafas dan denyut nadi) hilang dan kami memberikan metode CPR," katanya seperti dilansir Marca, Senin (14/6). 

CPR atau Cardiopulmonary Resuscitation merupakan tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti nafas tiba-tiba. Metode itu bertujuan membuka kembali saluran nafas yang menyempit atau tertutup sama sekali dengan menggunakan teknik pemijatan dan penekanan pada bagian dada. 

"Pertolongan tim medis datang sangat cepat dan bekerjasama. Kami melakukan yang harus dilakukan dan berhasil membuat Christian kembali sadar. Dia sempat berbicara dengan saya sebelum dibawa ke rumah sakit," ucapnya. 

Kondisi Eriksen dikabarkan sudah berangsur pulih. Pemain Inter Milan itu diberitakan sudah bisa berbicara dengan rekan-rekan setimnya lewat sambungan video call.

Kejadian serupa pernah dialami oleh pemain Bolton Wanderers, Fabrice Muamba pada 2012 lalu. Ia mengalami gangguan jantung dan kolaps di lapangan. Muamba pulih dari insiden tersebut, namun dirinya memutuskan pensiun dini dari sepakbola.

Disadur dari Republika.co.d

Denmark Finlandia Euro 2020 Morten Boesen Christian Eriksen Simon Kjaer


Loading...