Melibas Pungli, Layanan Bongkar Muat Kontainer di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Malah Terbengkalai

Melibas Pungli, Layanan Bongkar Muat Kontainer di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Malah Terbengkalai
(IG @jakartainformasi Via Sindonews.com)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 13 Juni 2021 13:08 WIB

Terasjabar.id - Gerak cepat polisi melibas pungutan liar ( pungli ) di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok , Jakarta Utara berimbas pada pelayanan Pelabuhan Tanjung Priok. Pelayanan bongkar muat kontainer di sana malah menjadi terbengkalai.

Pemandangan itu terlihat usai akun Instagram @jakartainformasi mempostingnya, Sabtu (12/6/2021). Dalam postingan itu sejumlah sopir truk kontainer mengeluhkan lambatnya pelayanan. "Kondisi Tj Priok," katanya dalam caption yang dikutip, Minggu (13/6/2021).

Dalam video yang diduga direkam sopir kontainer itu memperlihatkan sepinya aktivitas bongkar muat di kawasan pelabuhan, padahal kontainer kian menumpuk.

Begitupun dengan truk kontainer yang mengantre menunggu boks kontainer dipasang di kendaraan. Kejadian terbengkalainya aktivitas bongkar muat tak lama setelah polisi menindaklanjuti perintah Presiden memberantas pungli. "UTC ngga ada pungli, ngga ada bongkar muat," kata si perekam.

Si perekam kemudian memperlihatkan banyaknya kendaraan yang menumpuk di setiap locknya. Hal ini disebabkan operator crane kontainer yang diduga bermalas- malasan lantaran tak adanya pungli.

Perekam menilai akibat pemberantasan pungli membuat waktu bongkar muat menjadi lebih lama. Para pekerja terkesan menjadi malas. "Masa muat satu istirahatnya setengah jam dan baru maju lagi," tambah perekam itu.

Menurut si perekam, kejadian ini membuat Indonesia sulit maju seperti beberapa negara di dunia yang cepat dalam aktivitas bongkar muat kontainer. "Makanya Indonesia mau kaya luar negeri, ngga akan bisa," ucapnya.

Disadur dari Sindonews.com 

Pungli Pelabuhan Tanjung Priok Pelayanan Bongkar Kontainer Jakarta Utara


Loading...