Belgia vs Rusia: Beban Berat Tim Nomor 1 Dunia

Belgia vs Rusia: Beban Berat Tim Nomor 1 Dunia
Timnas Belgia datang dengan status favorit juara di Euro 2020. (AP/Francisco Seco)
Editor: Malda Teras Viral —Sabtu, 12 Juni 2021 10:20 WIB

Terasjabar.id -- 

Timnas Belgia menyandang beban berat saat bersua Rusia pada laga perdana Grup B Piala Eropa Euro 2020 (Euro 2021), Minggu (13/6) dini hari WIB.

Belgia datang ke Euro 2020 (Euro 2021) dengan status yang berbeda dari turnamen-turnamen sebelumnya. De Rode Duivels yang dulu kerap disebut tim kuda hitam kini telah berganti status jadi tim favorit juara


Hal itu tidak lepas dari status tim nomor satu dunia yang disandang Belgia. Skuad asuhan Roberto Martinez saat ini berada di puncak ranking FIFA, mengungguli tim-tim pesaing di Euro 2020 (Euro 2021).

Belgia berada di atas tim-tim elite lain seperti Prancis, Inggris, Portugal, Spanyol, dan Italia. Posisi teratas ranking FIFA per 27 Mei 2021 itu juga juga membuat Belgia seperti diwajibkan melangkah jauh di turnamen empat tahunan ini.

Pada Piala Dunia 2018, Belgia terhitung berhasil menjawab ekspektasi publik. Belgia yang ketika itu menempati ranking tiga FIFA lolos hingga semifinal.

Langkah Eden Hazard dan kawan-kawan menuju final dihentikan oleh Prancis. Les Bleus kemudian muncul sebagai juara usai mengalahkan Kroasia di partai puncak.

Di Euro 2020 (Euro 2021), Belgia jelas memenuhi syarat untuk disebut tim calon juara. Selain posisi nomor satu di ranking FIFA, Belgia datang dengan generasi emas mereka.

Belgia disesaki para pemain bintang yang memperkuat klub-klub papan atas Eropa. Dari 26 pemain yang dipanggil untuk Euro 2020 (Euro 2021), selusin di antaranya mengantarkan timnya meraih gelar juara, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Nama-nama tenar itu di antaranya duo Real Madrid yaitu Thibaut Courtois dan Eden Hazard, Kevin De Bruyne (Manchester City, dan Romelu Lukaku (Inter Milan).

Rapor Belgia selepas Piala Dunia 2018 pun sangat mengesankan. Dari 27 pertandingan, hanya 2 laga yang berakhir dengan kekalahan. Dua tim yang mengalahkan Belgia itu adalah Swiss (5-2) dan Inggris (2-1).

Di kualifikasi Euro 2020 (Euro 2021) Belgia juga tak terbendung. Belgia menyapu bersih 10 laga dengan kemenangan, mencetak 40 gol dan hanya kebobolan tiga gol.

Maka wajar banyak pihak yang memfavoritkan Belgia jadi yang terbaik dengan sederet catatan gemilang tersebut. Namun, pertanyaan muncul mengenai seberapa tangguh mental para pemain Belgia menyandang status tim favorit.

Secara individu, Belgia dihuni beberapa pemain yang punya mental juara. De Bruyne sudah meraih banyak gelar di Man City, begitu pula dengan Lukaku yang berhasil membawa Inter menghentikan dominasi Juventus di Liga Italia.

Namun, kehadiran para pemain itu tidak lantas menyurutkan pertanyaan terkait kesiapan mental Belgia untuk jadi juara. Apalagi, prestasi terbaik sang pelatih, Roberto Martinez hanya sebatas juara Piala FA bersama Wigan Athletic.

Belgia juga bukan tim seperti Prancis, Italia, Portugal, Spanyol, atau Inggris. Tim-tim ini sudah terbiasa menyandang status tim favorit di setiap turnamen.

Sedangkan Belgia sebelumnya tidak lebih dari tim kuda hitam di tiap turnamen. Belgia pernah jadi runner up Piala Eropa, namun catatan itu diukir sudah sangat lama pada Piala Eropa 1980.

Status sebagai favorit juara bukan tidak mungkin akan membebani para pemain Belgia. Alhasil, para pemain De Rode Duivels berpotensi tidak bisa mengeluarkan performa terbaik di lapangan.

Jika ini yang terjadi maka itu merupakan sebuah sinyal buruk buat Belgia. Apalagi mereka sudah ditunggu oleh Rusia di laga pembuka yang berlangsung di Stadion Saint Petersburg.

Rusia bukan tim yang bisa dianggap enteng oleh Belgia. Saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia mampu melangkah hingga perempat final sebelum langkah mereka dihentikan oleh Kroasia lewat perpanjangan waktu.


Rusia juga memiliki pemain-pemain yang berbahaya seperti Aleksandr Golovin, kapten tim Artem Dzyuba, hingga pemain berpengalaman Yuri Zhirkov. Peran ketiga pemain ini akan krusial dalam upaya mereka mengejutkan Belgia di laga perdana.

Jika bisa melewati adangan Rusia dengan baik maka Belgia bisa lebih tenang menghadapi Denmark dan Finlandia. Namun, jika hasil melawan Rusia meleset dari perkiraan maka langkah Belgia bakal lebih berat dengan status tim favorit juara yang membebani mereka.(CNNIndoenesia)

Timnas Belgia Rusia Euro 2020


Loading...