Pernah Jadi Pengagum Zakir Naik, Ustaz Arrazy Hasyim: Dia Bukan Ulama

Pernah Jadi Pengagum Zakir Naik, Ustaz Arrazy Hasyim: Dia Bukan Ulama
Suara.com
Editor: Malda Teras Viral —Sabtu, 12 Juni 2021 09:56 WIB

Terasjabar.id - Dr Zakir Naik dikenal sebagai sosok penceramah yang dikenal dunia. Ia kerap keliling dunia untuk menyampaikan ilmunya tentang perbandingan agama.

Namun, Ustaz Arrazy Hasyim menyebut tokoh muslim tersohor itu bukanlah seorang ulama melainkan hanya seorang pembaca serius.

“Dia (Zakir Naik) bukan ulama, harus diingat. Dia hanya pembaca yang rajin. Hapalannya sama bagus dengan ustaz di Indonesia,” ujar Ustaz Arrazy Hasyim dikutip dart Terkini.id--jaringan Suara.com, Sabtu (12/6/2021).

Ustaz Arrazy Hasyim menyampaikan pernyataannya itu dalam video ceramahnya yang tayang di kanal Youtube YH, seperti dilihat pada Jumat 11 Juni 2021.

Di video berjudul ‘Pemikiran Dr Zakir Naik’ yang tayang pada satu tahun silam tersebut, Arrazy Hasyim mengakui bahwa dulunya ia merupakan penggemar Dr Zakir Naik.

Tetapi, usai dirinya mempelajari ilmu perbandingan mazhab agama ia pun menemukan bahwa tak ada satupun dari pemikiran Zakir Naik yang sesuai dengan metodologi dalam ilmu tersebut.

“Di awal-awal belajar Islam saya termasuk pengagum Dr Zakir Naik. Tapi setelah kemudian saya belajar ilmu perbandingan agama-agama mazhab. Pemikiran, mohon maaf, Zakir Naik tak satupun sesuai dengan metodologi yang telah ada dalam ilmu ini,” cerita Arrazy.

Penilaiannya, Zakir Naik sebenarnya terinspirasi oleh Ahmad Dedak. Namun, kata Arrazy, Ahmad Dedak tak sekeras Zakir yang berani membuat tafsir sendiri. Ia pun menilai hal itu sangatlah berbahaya.

“Ternyata beliau terinspirasi oleh Ahmad Dedak. Tapi Ahmad Dedak tidak sekeras dia. Kenapa? Dia berani bawa kitab-kita Weda, Bibel dengan serampangan lalu dia buat tafsir sendiri, nah ini yang berbahaya,” ungkap Arrazy Hasyim.

Arrazy mengungkapkan bahwa dalam Islam maupun agama lain sudah ada pihak lembaga otoritas yang berhak dan berwenang menafsirkan kitab suci.

“Dalam Islam pun ada yang punya otoritas tafsir yaitu ulama ahli tafsir. Apalagi di golongan saudara-saudara kita yang beda agama itu, mereka punya lembaga khusus pengtafsir,” tuturnya.

Maka dari itu, menurut Arrazy, perbuatan Dr. Zakir Naik yang menafsirkan sendiri isi kitab suci merupakan perbuatan yang berbahaya.

Kendati demikian, ia mengaku tak membenci Zakir Naik. Namun, Arrazy Hasyim menilai tokoh yang banyak digemari umat Muslim di seluruh dunia itu bukanlah seorang ulama maupun ahli agama melainkan hanya pembaca serius.

“Saya tidak benci Dr Zakir Naik, cuma dia bagi saya bukan sebagai seorang ahli agama, bukan ulama, dia hanya pembaca serius,” jelas Arrazy.(Suara.com)

Dr Zakir Naik Viral Agama Tokoh Muslim Arrazy Hasyim


Loading...