KOREM 062/TN GELAR KEGIATAN PEMBINAAN KETAHANAN PANGAN

KOREM  062/TN GELAR KEGIATAN PEMBINAAN KETAHANAN PANGAN
Editor: Jajang Teras Garut —Jumat, 11 Juni 2021 14:25 WIB

Terasgarut - Korem 062/Tn menggelar kegiatan Pembinaan Ketahanan Pangan TA 2021 yang diikuti 43 orang. Peserta terdiri dari para Pasiter, Perwakilan Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim. Kegiatan dipimpin Kasiren Korem 062/Tn Letnan Kolonel Caj Sutarmin di bertempat di Aula Purnawarman Makorem 062/Tn, Jumat, (11/06/2021).

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan Danrem 062/Tn yang dibacakan oleh Kasiren Korem 062/Tn menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kasi Bidang dinas pertanian Kabupaten Garut di Korem 062/Tn.

Pangan merupakan komoditas yang sangat penting dan strategis bagi bangsa Indonesia mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Berbagai upaya telah diprogramkan dan dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta pihak pelaku pertanian.

Berbagai dampak dari perubahan iklim, atau pemanasan global dan keterbatasan lahan pertanian yang semakin sempit disertai dengan bencana alam menyebabkan terganggunya produktifitas pangan nasional, sehingga mendorong pemerintah melaksanakan perubahan paradigma kebijakan pembangunan nasional di bidang pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningktakan kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta meningkatkan perekonomian, agar tersedianya logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Korem 062/Tarumanagara bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Garut mengadakan kegiatan Program Pembinaan Ketahanan Pangan, disertai harapan semoga kegiatan ini memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan program ketahanan pangan di wilayah.

Dengan mengangkat tema pembinaan ketahanan pangan kali ini yaitu : "Mewujudkan Binter Yang Adaptif Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan di wilayah pada masa Pandemi Covid-19”.

saya tekankan, kepada seluruh peserta pembinaan ketahanan pangan untuk memperhatikan dan menyimak semua materi yang diberikan, sehingga nantinya dapat diimplementasikan kepada prajurit di wilayah kodim masing-masing.

Dilanjutkan Paparan dari Kasi Bidang Dinas Pertanian Kabupaten Garut yang diwakili Seksi SDM dan Kelembagaan (Bpk Cecep Hanhan, SP.MP) menyampaikan Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat.

Hak untuk memperoleh pangan merupakan salah satu hak asasi manusia sebagaimana tersebut dalam pasal 27 UUD 1945 maupun dalam deklarasi Roma (1996).

Pengertian ketahanan pangan kondisi terpenuhinya pangan, bagi negara sampai dengan perseorangan. Yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat. Untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan.

Pertimbangan tersebut mendasari terbitnya undang-undang 7/1996 dan dan atau undang-undang 18/2012 tentang pangan.
Sebagai kebutuhan dasar dan Salah satu hak asasi manusia pangan mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa.

Ketersediaan pangan yang lebih kecil dibandingkan kebutuhannya dapat menciptakan ketidakstabilan ekonomi.

Tampak hadir pada acara tersebut diantaranya para Kasi, Kasatbalak Jajaran Korem 062/Tn. (Penrem 062/Tn)***

KOREM 062/TN GELAR KEGIATAN PEMBINAAN KETAHANAN PANGAN


Loading...