KPK Kembali Periksa Pejabat KBB, PLT Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Belum Ada Panggilan KPK

KPK Kembali Periksa Pejabat KBB, PLT Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Belum Ada Panggilan KPK
Tribunjabar.id
Editor: Malda Berita Viral —Jumat, 11 Juni 2021 13:38 WIB

Terasjabar.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa sejumlah pejabat Pemkab Bandung Barat dan pihak swasta di Mapolres Cimahi, Jalan Jenderal Amir Machmud, Kota Cimahi, Jumat (11/6/2021).

Pemeriksaan para pejabat Pemkab Bandung Barat dan pihak swasta sebagai lanjutan dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial KBB Tahun 2020.

"Hari ini (11/6) dijadwalkan pemeriksaan saksi tersangka AUS ( Aa Umbara Sutisna ) terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemkab Bandung Barat Tahun 2020," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulisnya, Jumat (11/6/2021).

Ali mengatakan, pejabat Pemkab Bandung Barat yang menjalani pemeriksaan hari ini adalah Sekretaris Daerah KBB, Asep Sodikin, Kepala Kabupaten Bandung Barat Asep Wahyu, Kepala Dinas Sosial KBB Sri Dustirawati.

Kemudian Kepala DPMPTSP KBB Ade Zakir, Rega Wiguna sebagai Kabid Pendapatan Bapenda KBB, Wisnu Jaya Prasetia mantan ajudan Bupati Bandung Barat non aktif Aa Umbara dan Dicky Yuswandira honorer di Setwan DPRD KBB.

Sementata dari kalangan swasta ada nama-nama seperti Florence Sisca Della, Donih Ardhy Heryadi, Mohammad Riyad Mintarja dan Djohan Chaerudin.

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor Polres CImahi Jalan Jenderal H. Amir Machmud No. 333, Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi," kata Ali.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan memastikan pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan meski sejumlah ASN diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Roda pemerintahan tetap berjalan, kita harus tetap memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Jadi, tidak ada masalah sih kalau terkait pelayanan," ujarnya saat ditemui di Mason Pine Hotel, Kamis (10/6/2021).

Intinya, kata Hengky, pihaknya meminta semua organisasi perangkat daerah atau pihak-pihak yang menjalani pemeriksaan harus tetap kooperatif.

Sejauh ini, Hengky jadi satu-satunya pejabat tinggi di Pemkab Bandung Barat yang belum dipanggil penyidik KPK soal dugaan korupsi yang dilakukan Aa Umbara dan anaknya Andri Wiguna serta dari pihak swasta Totoh M Gunawan.

"Saya belum dipanggil. Tentu kalau nanti ada panggilan, sebagai warga negara yang baik kita harus memberikan keterangan sejujur-jujurnya," ujarnya saat ditemui di Padalarang, Kamis (10/6/2021).

Sebagai pimpinan daerah, kata Hengky Kurniawan juga sudah menginstruksikan kepada seluruh ASN agar bersikap kooperatif saat dimintai keterangan oleh tim penyidik KPK untuk ungkap praktik Korupsi di Bandung Barat .

Kendati demikian, Hengky tak mau lagi ada pejabat di tubuh Pemkab Bandung Barat yang terlibat atau melakukan praktik Korupsi di Bandung Barat .

"Saya juga mengimbau kepada OPD yang diperiksa untuk kooperatif. Kita dukung karena ini untuk 'bersih-bersih'," kata Hengky.(Tribunjabar.id)




KBB Viral PLT Bupati Hengky Kurniawan


Loading...