Memahami Arti dan Penjelasan Stadium 1-4 pada Kanker

Memahami Arti dan Penjelasan Stadium 1-4 pada Kanker
DokterSehat.com
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 27 Mei 2021 10:17 WIB

Terasjabar.id - 

Kanker merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita.

Dalam diagnosa penyakit kanker biasanya turut disertai dengan stadiumnya, apa makna stadium pada kanker? Berikut penjelasan stadium kanker 1-4.

Sebagaimana dilaporkan dalam Cancer Research UK, stadium pada kanker merupakan cara untuk mendeskripsikan ukuran kanker dan sejauh mana perkembangannya.

Ketika dokter pertama kali mendiagnosis kanker, mereka melakukan tes untuk memeriksa seberapa besar kankernya, apakah sudah menyebar ke jaringan sekitarnya, serta apakah sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Penentuan stadium pada kanker ini penting untuk membantu tim perawatan mengetahui perawatan mana yang dibutuhkan.

Dokter mungkin merekomendasikan pengobatan lokal, seperti pembedahan atau radioterapi jika kanker hanya ada di satu tempat. Ini cukup untuk menyingkirkan kanker sepenuhnya.

Perawatan lokal biasanya dilakukan hanya di area tubuh terinfeksi. Tetapi, bukan tidak mungkin memerlukan perawatan ke seluruh tubuh jika kanker telah menyebar.

Ini disebut perawatan sistemik dan meliputi kemoterapi, terapi hormon, obat kanker, serta terapi imun.

Tingkatan stadium kanker dan penjelasannya

Sebagaian besar jenis kanker memiliki 4 stadium, dari 1 sampai 4. Dokter sering menuliskan stadium dalam angka romawi. Jadi mereka mungkin menulis tahap 4 sebagai tahap IV.

Berikut adalah ringkasan singkat tentang arti dan penjelasan stadium kanker 1 sampai 4 untuk sebagian besar jenis kanker:

Stadium 1

Stadium ini merupakan tahap awal pada kanker. Biasanya berarti bahwa ukuran kanker kecil dan masih terkandung di dalam organ awal atau tempat asal.

Stadium 2

Pada tahap ini, kanker sudah lebih besar dari pada stadium 1 tetapi belum mulai menyebar ke jaringan sekitarnya.

Terkadang stadium 2 berarti bahwa sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening yang dekat dengan tumor. Ini tergantung pada jenis kanker tertentu.

Stadium 3

Pada stadium 3, kanker sudah lebih besar dan mulai menyebar ke jaringan sekitarnya. Selain itu, biasanya juga ditemukan sel kanker di kelenjar getah bening di dekatnya.

Stadium 4

Tahapan ini menandakan kanker sudah parah. Pasalnya, kanker telah menyebar dari tempat asalnya ke organ tubuh lain. Misalnya ke hati atau paru-paru. Ini juga disebut kanker sekunder atau metastasis(CNNIndoensia.com)

Kanker Stadium penjelasan


Loading...