Pemimpin Baru Cianjur Siap Laksanakan Amanat Gubernur Ridwan Kamil

Pemimpin Baru Cianjur Siap Laksanakan Amanat Gubernur Ridwan Kamil
(Agung Bakti Sarasa/Sindonews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 18 Mei 2021 12:35 WIB

Terasjabar.id - Bupati Cianjur Herman Suherman menyatakan, siap melaksanakan amanat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam mewujudkan harapan masyarakat Cianjur yang telah memberikan amanat kepadanya sebagai pemimpin baru Cianjur.

Diketahui, Gubernur Jabar Ridwan Kamil resmi melantik Herman Suherman-TB Mulyana sebagai Bupati-Wakil Bupati Cianjur periode 2021-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/5/2021).

"Pertama, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Cianjur yang telah menyukseskan pilkada. Alhamdulillah, saya dengan Pak Wagub dipercaya masyarakat Cianjur. Mudah-mudahan, saya bisa melaksanakan apa yang diinginkan masyarakat Cianjur," tegas Herman.

Herman menyatakan, pihaknya pun siap menjalankan amanat yang disampaikan Ridwan Kamil demi kesejahteraan masyarakat Cianjur.

Bahkan, Herman mengaku, telah memiliki program 100 hari kerja setelah dirinya dilantik sebagai Bupati Cianjur. "100 hari kerja tentunya kami sudah mempersiapkan program program unggulan," ujar Herman.

Di antara program unggulan tersebut, lanjut Herman, dirinya akan mewajibkan setiap Kepala perangkat daerah memiliki inovasi demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Ini sudah disiapkan di masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah). Mudah-mudahan dalam 100 hari kerja ini, Cianjur bisa bangkit dalam pandemi dan ekonomi paling penting dalam rangka meningkatkan IPM (indeks pembangunan manusia) Kabupaten Cianjur," katanya.

Herman juga menyebutkan, pihaknya bakal menggenjot lima program unggulan dalam kepemimpinanya, mulai dari bidang infrastruktur berupa pembangunan 1.000 kilometer jalan beton hingga bidang keagamaan lewat bantuan terhadap 1.000 pesantren.

"Pertanian juga tidak kalah penting. Lalu (program) Cianjur Caang, bukan hanya caang (terang) lampu, tapi caang informasi, termasuk menggenjot UMKM. Insya Allah, dalam RPJMD yang akan kita usulkan ke DPRD, akan kita bagi tahun pertama mana, kedua mana, ketiga mana, keempat, kelima, tentunya sesuai anggaran yang tersedia," paparnya.

Herman pun menyinggung amanat Ridwan Kamil terkait optimalisasi dana pembangunan selain APBD. Dia menyatakan, akan memaksimalkan potensi daerah yang dipimpinnya untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

"Ini paling penting. Pada saat sekarang anggaran dari pusat sangat berkurang, kami diperintahkan oleh pimpinan, Mendagri dan Gubernur mengoptimalkan potensi daerah dengan peningkatan PAD," katanya.

Amanat Ridwan Kamil lainnya yang bakal dipenuhi, yakni pembangunan kawasan Cianjur Selatan. Menurut Herman, inovasi yang bakal diwujudkannya di Cianjur selatan bakal menyasar sektor pertanian dan pariwisata.

Herman mengakui, upaya menggenjot sektor pertanian dan pariwisata di Cianjur selatan tak lepas dari kondisi geografis wilayahnya yang sangat luas dan subur. Selain itu, Cianjur selatan juga memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa.

"Pak gubernur menyampaikan pada saat Allah SWT menciptakan Cianjur dalam keadaan tersenyum, alamnya indah tanahnya subur, tentunya pertanian yang akan kita genjot," tegasnya.

"Saya lihat di pasar-pasar Cianjur, hampir 90 persen bahan-bahan dari luar kota, sedangkan Cianjur ini (memiliki) potensi. Ke depan, bahan-bahan akan saya penuhi dari masyarakat Cianjur, termasuk pariwisata yang potensinya luar biasa," lanjut Herman.
Herman menambahkan, pihaknya juga telah menyetujui rencana pemekaran Cianjur selatan. Bahkan, kata Herman, persetujuannya itu telah disampaikan kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. "Meskipun sekarang moratorium, ke depan mudah-mudahan bisa pemekaran Cianjur selatan," katanya.

Disadur dari Sindonews.com 

Bupati Cianjur Gubernur Ridwan Kamil Amanat Pelantikan


Loading...