Mensos Memberikan Sepeda Motor Roda Tiga untuk Penyandang Disabilitas di Pekalongan

Mensos Memberikan Sepeda Motor Roda Tiga untuk Penyandang Disabilitas di Pekalongan
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 17 Mei 2021 09:45 WIB

Terasjabar.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan bantuan kepada Gading Ogi Saputra (17) penyandang disabilitas fisik. Bantuan tersebut berupa modal usaha dan sepeda motor roda tiga elektrik sebagai kendaraan usaha.

"Tadi sudah diserahkan bantuan motor roda tiga, alat dan permodalan," katanya dikutip dalam keterangan pers, Senin (17/5).

Risma mengatakan pemberian tersebut bertujuan untuk memberdayakan penyandang disabilitas agar tetap produktif, mandiri serta tidak bergantung pada orang lain. Dia pun menilai kegigihan Gading yang tidak kenal menyerah, sempat viral di media sosial dapat menginspirasi banyak orang tidak hanya sesama penyandang disabilitas.

Dia mengatakan Gading ingin membuka usaha lontong dan akan dibantu permodalannya. Sementara itu, Risma membeberkan ada 490 motor roda tiga bagi penyandang disabilitas.

"Banyak alat bantu bagi penyandang disabilitas karena dirasiblitas juga banyak ragamnya rungu dan netra, seperti tongkat dengan multisensor," ungkapnya.

Sementara itu diketahui Gading sudah dua tahun menjalani usaha berjualan makanan dan minuman ringan kemasan berkeliling dengan sepeda roda tiga sederhana rakitannya. Berjualan dari pukul 16.00 - 23.00 WIB di sekitar Alun-alun Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah.

Gading disabilitas fisik sejak lahir dan mengalami perlambatan perkembangan fisik yang mengakibatkan kedua kakinya tidak berfungsi wajar hingga ia berjalan merangkak dibantu dengan kedua tangannya.

Kini Gading memiliki lapak sendiri di rumahnya yang dinamakan lapak gading berkah yang dikelola oleh ayah dan ibunya, karena gading tetap meneruskan berjualan keliling.

Usaha kerasnya membuahkan hasil menyentuh Rp 500 ribu per hari. Gading menghitung dan mencatat sendiri pendapatan nya di gawai pintarnya. Bahkan Gading mencatat jika ada barang jualan yang habis dan perlu segera dibeli. 

Disadur dari Merdeka.com 

Mensos Pandemi Covid-19 Penyandang Disabilitas Motor Roda Tiga Elektrik


Loading...