Masuk Ke Jabodetabek, Kendaraan Pemudik Akan Ditempeli Stiker Khusus

Masuk Ke Jabodetabek, Kendaraan Pemudik Akan Ditempeli Stiker Khusus
(SINDOnews/Abdullah M Surjaya : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 17 Mei 2021 08:34 WIB

Terajsabar.id Polres Bekasi bersama Polda Metro Jaya mulai melakukan pemeriksaan secara acak menggunakan swab antigen kepada pemudik arah Jakarta di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek , Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Pemeriksaan yang dimulai kemarin hingga hari ini masih berlanjut.

Ratusan pemudik yang dinyatakan negatif dipasangkan sticker dikendaraannya dan telah melaksanakanSwab Antigen. Namun, bagipemudikyangdinyatakanreaktifCovid-19, semua pemudik yang berada di kendaraan tersebut akan dibawa ke RSD Wisma Atlet untuk dilakukan pengecekan swab PCR.

Kepala Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, kendaraan pemudik yang telah diperiksa akan ditempel stiker khusus apabila alat swab antigen menunjukkan hasil negatif.

“Jika mereka sudah diperiksa maka akan ditempel stiker dengan barcode, sehingga tidak bisa dipalsukan,” katanya di Bekasi, Senin (17/5/2021). 

Namun, kata dia, jika yang belum berstiker akan diperiksa secara random. Misalnya, isi mobil pemudik tersebut berjumlah lima orang, maka dua orang akan dilakukan pemeriksaan swab antigen.

“Jika hasilnya reaktif, maka semuanya akan dibawa ke Wisma Atlet untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” ungkapnya.

Hendra menjelaskan, untuk melakukan random sampling pengecekan kepada pemudik, kepolisianmenyediakan sebanyak 31.000 alat swab antigen selama Operasi Ketupat Jaya digelar hingga 24 Mei 2021. ”Selama tujuh hari kedepan kamimembutuhkan sekitar 31.000 swab antigen,” jelasnya.

Saat ini, petugas masih terus melakukan pengecekan diKM 34 Tol Jakarta-Cikampekarah Jakarta. Pemeriksaan sudah mulai diperketat sejak kemarin. 

“Sejauh ini masih lakukan pendataan, untuk yang reaktif masih kita data, sudah hamper ratusan kendaraan pemudik yang kembali ke Jabodetabek dilakukan pemeriksaan di Cikarang,” tegasnya.

Disadur dari Sindonews.com

Polres Bekasi Polda Metro Jaya Tol Jakarta-Cikampek Kabupaten Bekasi Pandemi Covid-19


Loading...