Ini Kata Bupati Bandung tentang Penutupan Tempat Wisata di Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali

Ini Kata Bupati Bandung tentang Penutupan Tempat Wisata di Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali
(Tribun Jabar : Google)
Editor: Epenz Teras Bandung —Minggu, 16 Mei 2021 09:31 WIB

Terasjabar.id - Akibat membeludaknya pengunjung di tempat wisata, Pemerintah Kabupaten Bandung melakukan langkah tegas.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, mengungkapkan, setelah meninjau ke lapangan, tempat wisata di Taman Hutan Raya relatif aman terkendali.

"Pas hari Sabtu melihat pengunjung yang sangat membeludak di daerah Pacira, yakni Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali. Yang diperkirakan yang masuk hampir 15 ribu kendaraan sehingga terjadi kemacetan total," ujar Dadang di rumah dinasnya di Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (16/5/2021).

Dadang mengatakan, pihaknya melakukan evaluasi dan kordinasi dengan Forkopimda Kabupaten Bandung dan berkoordinasi dengan Gubernur serta pemerintah pusat.

"Hasil dari pemantauan dan evaluasi tersebut, tadi malam saya memutuskan untuk ditutup sementara," kata bupati yang akrab disapa Kang DS ini.

Dadang mengatakan, hari ini pihaknya akan melakukan evaluasi meninjau kembali ke lapangan, tempat wisata mana yang harus ditutup total mana yang masih bisa berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Dilihat secara objektif di lapangan tetap kita melihat dari hasil pemantauan, harus dicegat (diperiksa) dulu di pintu masuk (Pacira) yakni di Sadu," kata Kang DS.

"Pemeriksaan itu merupakan antisipasi, termasuk di perbatasan (Kabupaten Bandung)," ucap dia.

Penutupan tempat wisata, kata Kang DS, belum bisa dipastikan sampai kapan.

"Nanti kita lihat dulu, apakah misal si pengelola wisata ini bisa disiplin dan bisa menjamin kepada pemerintah," katanya.

Itu, menurutnya, dalam konteks mengamankan potensinya secara profesional, tentunya ini harus dievaluasi sehingga jangan sampai ada kluster baru penyebaran Covid-19.

"Kalau misal tidak bisa, kami akan tutup langsung. Tapi sebelumnya kasih kesempatan dulu, kalau misalnya dia bisa, harus berani membuat surat pernyataan jangan sampai kami yang disalahkan," ujarnya.

Dadang mengatakan, tempat wisata di Pacira mulai tadi malam dan hari ini ditutup dahulu.

"Nanti kami lihat sekarang dari tempat wisata satu ke lainnya. Belum tahu sampai kapan (ditutupnya) lihat nanti," ucapnya.



Disadur dari Tribunjabar.id

Pemkab Bandung Tempat Wisata Prokes Pandemi Covid-19 Bupati BAndung


Loading...