Pengelola Pemakaman Islam Imbau Warga Tak Lakukan Ziarah Kubur di Masa Pandemi Covid-19

Pengelola Pemakaman Islam Imbau Warga Tak Lakukan Ziarah Kubur di Masa Pandemi Covid-19
(SINDONews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 12 Mei 2021 13:37 WIB

Terasjabar.id - Pengelola pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden mengimbau agar ziarah kubur ke lokasi pemakaman pada saat Idul Fitri 1442 tidak dilakukan. Hal ini untuk mencegah penularan COVID-19 yang saat ini belum mereda.

Direktur Pemakaman Islam Al Azhar, Nugroho Adiwiwoho di Karawang mengingatkan kembali bahwa pada saat wabah COVID-19 merebak tahun lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada kaum muslimin untuk meniadakan ziarah kubur untuk menghindari penularan COVID-19. 

Hal yang sama, lanjut Nugroho, juga disampaikan Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam sebuah pernyataan tertulis yang disiarkan oleh media pada 5 Mei 2020, dimana dia mengimbahu agar agenda ziarah kubur ditiadakan pada masa pandemi dan iganti dengan berdoa dari rumah masing-masing.

“Saya kira seruan MUI itu tetap relevan untuk menjadi pedoman agar tradisi ziarah kubur tidak dilaksanakan selama wabah. Oleh karenanya dihimbau agar tidak melakukan ziarah kubur selama Idul Fitri 1442 Hijiriah yaitu tanggal 12-16 Mei,” ujar Nugroho, Rabu (12/5/2021),.

Nugroho mengatakan, ziarah kubur memang amalan baik, sebab mengingatkan umat pada kematian. Terlebih lagi jika ziarah kubur dilakukan menjelang Ramadhan. Hanya saja, lanjut dia, saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir. Karena itu, menurutnya, agenda ziarah ke makam orangtua, kerabat, dan saudara yang telah meninggal tersebut, dapat diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing.

Meskipun demikian, menurut Nugroho, prosesi pemakaman di Pemakaman Islam Al Azhar tetap dapat dilaksanakan dan akan diterapkan protokol kesehatan 5M yang ketat, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sekadar informasi, Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden berlokasi di Karawang Timur, tepat di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek dan dapat diakses secara cepat dari Jakarta karena bisa melalui Tol Layang Jakarta Cikampek. 

Sejak 2011, pemakaman ini dikelola oleh Yayasan Pesantren Islam Al Azhar untuk melayani umat Muslim yang memakamkan jenazah sesuai syariah Islam, yaitu makam khusus Muslim dan tidak bercampur dengan makam non Muslim. Pemakaman Islam seluas 25 hektare ini mempunyai kapasitas sebanyak 29.000 jenazah dan menggunakan konsep makam dalam taman, yaitu melalui landscape yang indah, hijau dan asri.

Disadur dari Sindonews.com 

MUI Pandemi Covid-19 Pemakaman Islam Al Azhar Ziarah Kubur HAri Raya Idul Fitri 2021


Loading...