Berikut Tips Masak Rendang Spesial Lebaran, Dijamin Empuk Anti Alot

Berikut Tips Masak Rendang Spesial Lebaran, Dijamin Empuk Anti Alot
Ilustrasi (iNews : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 12 Mei 2021 08:46 WIB

Terasjabar.id Rendang menjadi salah satu hidangan wajib saat Lebaran . Sayang, tak semua orang bisa masak rendang yang enak. Daging yang alotataukeras menjadi salah satu hal yang kerap dikeluhkan ketika masak hidangan asal Sumatra Barat ini.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, ada cara mudah yang bisa membantu masak rendang yang empuk dan enak untuk disajikan saat Lebaran. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Berikut ulasannya dilansir dari Times of India, Rabu (12/5).

1. Pepaya

Pepaya hijau mengandung enzim yang disebut papain dan merupakan senyawa yang memiliki kemampuan untuk memecah serat daging. Papain memecah kolagen, yang merupakan protein utama yang menghubungkan jaringan.

Ini biasanya berlaku untuk semua jenis daging. Anda hanya perlu pepaya hijau dengan kulit dan sedikit air. Oleskan pepaya yang sudah dihaluskan dengan lembut ke daging.

2. Nanas

Enzim yang disebut bromelain dalam nanas memecah protein daging, melembutkan jaringan pada daging sebelum dimasak. Buah tropis ini adalah salah satu dari sedikit bahan bumbu yang benar-benar melembutkan daging sambil memberikan rasa yang kaya.

Agar rendang berhasil empuk tanpa merusak rasa dan teksturnya, tuangkan jus nanas ke atas daging dan rendam selama 1-2 jam, tergantung jenis dagingnya. Hindari menggunakan nanas kalengan atau yang sudah dimasak.


3. Buttermilk

Merendam daging dengan buttermilk sekitar 20-40 menit sebelum memanggangnya adalah cara yang dijamin untuk membuatnya empuk sempurna. Asam laktat dalam buttermilk melemahkan struktur protein daging, membuatnya menjadi lunak dan empuk. Buttermilk sangat cocok untuk semua jenis daging.

4. Teh

Karena tingkat tanin yang tinggi yang ditemukan dalam teh, minuman yang diseduh ini bekerja dengan baik sebagai bumbu perendam dan pelunak daging. Cukup rendam daging dengan teh hitam yang baru diseduh bersama dengan gula merah atau bumbu apa pun untuk menghadirkan rasa yang unik pada hidangan.

5. Soda kue

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi berhasil secara ajaib. Mengoleskan soda kue pada daging akan meningkatkan pH pada permukaan daging, sehingga protein lebih sulit untuk terikat. Dinginkan selama beberapa jam, dan bilas daging dengan baik sebelum dimasak.

Disadur dari Sindonews.com 

Rendang Lebaran 2021 Cara Membuat


Loading...