Kang Ujang Bustomi Diperiksa Petugas, Saya Mau Tolong Dukun Santet yang Sudah Ngap-ngapan

Kang Ujang Bustomi Diperiksa Petugas, Saya Mau Tolong Dukun Santet yang Sudah Ngap-ngapan
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 11 Mei 2021 08:49 WIB

Terasjabar.id – Hendak memberikan pertolongan kepada seorang dukun di Kuningan yang nyaris meninggal, Kang Ujang Bustomi, seorang youtuber, apes kena adang petugas penyekatan di Tugu Ikan perbatasan Kuningan-Cirebon, Selasa (11/5/2021) dini hari.

Tindakan tegas diberikan bagi kendaraan Kang Ujang Bustomi, terpantau akibat yang bersangkutan menggunakan kendaraan berpelat nomor bukan E alias luar Wilayah III Cirebon.

Terlebih saat hendak dilakukan pemeriksaan awak kendaraan tersebut, Kang Ujang Bustomi pun terlihat tak menggunakan masker.

"Iya, saya lupa gak pake masker dan tadi sebelum dicek suhu badan ada petugas kasih saya masker," ungkap KUB, sapaan akrabnya, kepada wartawan lagi.

KUB mengaku hendak melakukan perjalanan ke Kelurahan Cijoho, Kecamatan Kuningan.

"Iya, saya mau tolongin dukun santet yang sudah ngap-ngapan, mau mati," kata KUB saat melakukan tanya jawab dengan petugas penyekatan tadi.

KUB dikenal sebagai mentalis kebatinan yang kerap mendawamkan salawat Nabi.

Dalam praktik pengobatannya, KUB juga diketahui memiliki Padepokan Anti Galau di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sekadar informasi, hasil kesepakatan lima kepala daerah yang terdiri dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuningan) memperbolehkan warganya mudik lokal pada masa pelarangan mudik 6-17 Mei 2021.

Hal itu dikatakan Kepala Pelaksana BPBD sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 Kuningan, yakni Indra Bayu Permana, saat menyampaikan kepada wartawan di sela pengawasan langsung di Tugu Ikan daerah perbatasan Kuningan–Cirebon.

Indra mengatakan, meski wilayahnya termasuk kategori, tidak serta-merta bisa masuk begitu saja.

Dalam rapat semua kepala daerah sepakat, mobilitas masyarakat se-Ciayumajakuning harus melampirkan identitas dan surat keterangan dari atasan/perusahaan bagi pekerja, atau surat keterangan dari kepala desa/lurah bagi warga nonpekerja.

"Kemarin disepakati bahwa untuk wilayah Ciayumajakuning secara ketentuan aturan sudah dilaporkan ke Gubernur dan Kementerian Perhubungan," kata Indra.

Indra menyebut secara kearifan lokalnya dari 5 wilayah disepakati bahwa wilayah Ciayumajakuning ada kelonggaran terhadap masyarakat yang melakukan aktivitas yang keluar masuk ke wilayah Ciayumajakuning.

“Ya tetapi tetap dilakukan pemeriksaan administasi, minimalnya KTP dan surat rekomendasi tertentu," ujarnya.

Menyinggung soal banyak kendaraan yang diputar balik, kata Indra, hingga hari sekarang jumlahnya 5 unit kendaraan. 

Terlepas dari pengawasan di lokasi chek point, Indra mengatakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Kuningan dalam menjalankan protokol kesehatan itu masih tinggi.

“Secara penilaian yang dikeluarkan dari Jawa Barat, untuk tingkat kesadaran warga kita pakai protocol kesehatan itu masih di angka hampir 80 persenan,” ujarnya.

Ustaz Ujang Busthomi, pemimpin Padepokan Antigalau Cirebon, berbincang dengan Rhoma Irama di Studio Soneta Grup, Depok.
Ustaz Ujang Busthomi, pemimpin Padepokan Antigalau Cirebon, berbincang dengan Rhoma Irama di Studio Soneta Grup, Depok. (YouTube/Kang Ujang Busthomi Cirebon)

Di samping itu, kata Indra, dalam melaksanakan perayaan salat Idul Fitri 1442 Hijriah, pihaknya mengklaim sebagai upaya pencegahan terhadap paparan covid-19 itu sangat maksimal.

“Pencegahan dalam memutus mata rantai Covid-19, untuk saran ibadah secara rutin kita semprot cairan disinnfektan serta mewajibkan kepada warga lingkungan, untuk menyediakan fasilitas protokol kesehatan. Mulai wastafel, cairan hand sanitizer, dan alat cek suhu,” ungkapnya. (Tribunjabar.id)




Kang Ujang Bustomi Dukun Santet Kuningan


Loading...