Yudha Puja Turnawan Reses Sambil Santuni Anak Yatim dan Kaum Jompo

Yudha Puja Turnawan Reses Sambil Santuni Anak Yatim dan Kaum Jompo
Editor: Jajang Teras Garut —Jumat, 7 Mei 2021 09:34 WIB

Terasgarut - Anggota DPRD Kab. Garut, Yudha Puja Turnawan dari Fraksi PDI-Perjuangan melakukan Reses Masa Sidang II Tahun 2021 dengan Masyarakat dan Kelompok Budidaya Ikan "SARIBAN", di Kp. Sukadana Pesantren, RW 21, Kel. Kota Kulon, Kec.
Garut kota, Kamis (06/05/2021).

Dalam kesempatan itu, Yudha pun menyantuni anak yatim dan kaum jompo dilanjutkan buka bersama. Yudha Puja Turnawan mengatakan, Kampung Pasantren ini mendapatkan penghargaan dari tingkat provinsi merupakan Kampung Tangguh, berkaitan dengan upaya memecahkan permasalahan sampah disaluran irigasi yang sudah terjadi bertahun-tahun.

"Dan ternyata alhamdulillah sekarang sampah sudah tidak ada dan malah ada nilai tambah karena ternyata warga dengan semangat gotong royong membuat budi daya ikan, dengan beberapa jenis ikan disepanjang 200 Meter saluran air tersebut." kata Yudha.

Ia menuturkan, masyarakat pun mendapat bantuan dari dinas terkait, yakni Disnakanla, Dinas PUPR, termasuk dari Baznas

"Nah hari ini saya silaturahmi reses dalam rangka menyerap aspirasi dari masyarakat. Apa saja yang harus didukung dalam konteks program kegiatan yang berasal dari APBD, tadi kan sudah ada usulan. Insyaallah nanti dimasukkan ke dalam sistem informasi pemerintahan daerah karena saya selaku anggota DPRD memiliki akun SPD berhak memasukkan usulan-usulan dari masyarakat langsung ke SIPD," ujarnya.

Menurut Yudha, ada masukan dari masyarakat yakni ada permasalahan yang sangat penting yang harus segera diselesaikan, yaitu sekat-sekat besi banyak yang jebol atau rusak.

"Nah dengan adanya usulan itu saya menyisihkan dari tunjangan reses untuk kepentingan masyarakat, karena kalau menunggu dari APBD akan ulama, tadi saya sumbangkan 2 juta untuk perbaikan sekat-sekat besi," ucapnya.

Menurut Yudha, Kampung Pasantren ini harus dijadikan contoh bagi daerah lainnya.

"Ini patut diapresiasi dan harus menjadi contoh, Saya ingin apa yang dilakukan oleh masyarakat di sini, diadopsi ke daerah-daerah lain, kampung-kampung lain yang memiliki saluran irigasi memiliki selokan untuk bisa ada produktivitas berupa budidaya ikan. Jadi sariban ini, Pertama memecahkan persalah persampahan, Kedua mengurangi masalah meminimalkan pengangguranlah, Karena ada nilai tambah, ada produktivitas dari budi ikan itu sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Kabid SDA PUPR Garut, Edi Guntoro menambahkan, pihaknya tentunya sangat mengapresiasi atas kegiatan reses anggota DPRD Garut (Yudha Puja Turnawan).

"Dia sangat memperhatikan terhadap keberadaan gerakan di masyarakat, yakni gerakan Sariban ini, yang kalau di PUPR itu kita gerakan besarnya adalah secara bahasa HT saluran bebas sampah, sehat sejahtera. Terima kasih atas perhatiannya dan tadi juga kita melihat bahwa Dewan sendiri langsung membantu dan akan membantu, Ke depannya." kata Edi Guntoto. (Papap)***

Yudha Puja Turnawan Reses Sambil Santuni Anak Yatim dan Kaum Jompo


Loading...