Api Kilang Minyak Indramayu Sudah Padam, Para Pengungsi Sudah Kembali ke Rumah

Api Kilang Minyak Indramayu Sudah Padam, Para Pengungsi Sudah Kembali ke Rumah
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Kamis, 8 April 2021 12:27 WIB

Terasjabar.id -- 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu memastikan kobaran api yang terjadi akibat kebakaran di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada hari Pada Senin (29/3) lalu sudah berhasil padam total sejak Sabtu (3/4).

Per Rabu (7/4) pagi, seluruh warga yang mengungsi di Gelanggang Olahraga (GOR) Bumi Patra sudah kembali ke rumah masing-masing. BPBD mencatat jumlah warga yang mengungsi sebanyak 895 orang.

"Api sudah padam sejak hari Sabtu, padam total. Sekarang tim dari Bareskrim Polda hari ini mulai penyelidikan investigasi," kata Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu, Caya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (8/4).

Caya mengatakan ratusan warga yang mengungsi itu sedianya harus melakukan tes covid-19 menggunakan rapid test antigen yang difasilitasi PT Pertamina dan dinas kesehatan setempat. Namun menurutnya, mayoritas warga enggan dites dan memutuskan curi start kembali ke rumah pada Selasa (6/4) malam.

Sehingga, pada Rabu pagi hanya tersisa 579 warga yang berada di pengungsian. Dan dari jumlah itu, hanya 100-an warga yang mau menjalani pemeriksaan rapid antigen di lokasi. Caya berharap warga bersedia menjalani isolasi mandiri di rumah, pasca berhari-hari berada di tempat pengungsian.

"Ya mungkin warga takut, terus pengen keburu pulang jadi tidak mau tes antigen. Dan kemarin hasilnya Alhamdulillah tidak ada yang reaktif, negatif semua," jelasnya.

Caya sekaligus mengungkapkan beberapa warga pengungsi yang dilaporkan mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) terpantau sudah dalam keadaan pulih semua. Namun menurutnya ada beberapa warga yang perlu mendapat bantuan psikososial pasca kebakaran itu.

Dihubungi terpisah, Corporate Secretary Sub Holding Refining dan Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya juga membenarkan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, untuk melakukan proses pemulangan warga yang terdampak insiden kebakaran tangki di Kilang Balongan ke rumah masing-masing.

"Api sudah padam dan warga kemarin sudah pulang ke rumah masing masing," kata Ifki melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/4).

Ifki sekaligus menginformasikan, apabila terdapat warga yang hasil pemeriksaannya reaktif covid-19 maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk warga dengan gejala sedang dan berat akan dirujuk ke RSUD, sedangkan warga dengan hasil swab positif namun tanpa ada gejala akan diminta melaksanakan isolasi mandiri dengan pengawasan dari Tim Satgas Covid Kabupaten Indramayu.

Kebakaran sebelumnya terjadi di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada hari Pada Senin (29/3). Akibat insiden itu, sebanyak 30 orang mengalami luka ringan. Selain itu, enam orang mengalami luka berat dan ratusan warga mengungsi. Dalam kasus ini, pihak kepolisian telah memeriksa 52 orang terkait sangkaan kelalaian dalam insiden kebakaran ini.

(khr/ain/CNNindonesia)

Indramayu Kilang Minyak Viral


Loading...