Advertisement

Curah Hujan yang Tinggi, Bupati Sumba Timur Tetapkan Darurat Bencana Alam, Sang Istri Angkut Bantuan

Curah Hujan yang Tinggi, Bupati Sumba Timur Tetapkan Darurat Bencana Alam, Sang Istri Angkut Bantuan
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 8 April 2021 11:04 WIB

Terasjabar.id - Bupati C, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Khristofel A. Praing menetapkan wilayahnya dalam status darurat bencana alam. Hal ini dikarenakan curah hujan yang tinggi di wilayah Sumba Timur serta badai siklon Seroja yang berdampak pada terjadinya bencana alam berupa tanah longsor, banjir dan mengakibatkan banyak kerugian harga benda dan bahkan hilangnya nyawa manusia

Tak cuma itu, badai siklon Seroja di Sumba Timur juga mengakibatkan layanan listrik, telekomunikasi dan akses jalan lumpuh total termasuk dalam urusan pelayanan pemerintah. Daerah itu juga terdampak luas karena saluran bendungan yang jebol, infrastruktur jalan rusak parah dengan genangan air yang tidak kunjung turun pada tanggal 3 April 2021.

Keadaan diperparah lagi dengan badai tropis Seroja yang memporak porandakan Kota Waingapu serta sebagian besar wilayah kecamatan pada tanggal 6 April 2021 hingga saat ini. Bahkan jaringan listrik mengalami pemadaman secara umum dalam beberapa waktu ke depan.

Bupati Kristofel menyatakan bahwa penetapan ini adalah penting dalam upaya untuk lebih cepat, tepat dan terpadu melalui standar dan prosedur penanganan Darurat Bencana. Status darurat bencana juga dipandang strategis dalam rangka mempermudah dalam pengkoordinasian serta komunikasi yang terpadu.

Bupati Kristofel menetapkan status Darurat Bencana terhitung tanggal 3 April hingga 15 April mendatang. Namun demikian hal tersebut masih memungkinkan untuk diperpanjang jika situasi dan kondisi belum memungkinkan untuk mencabut status tersebut.

Selain menetapakan status darurat, Khristofel A juga memberikan bantuan kepada warga terdampak. Bahkan istri Bupati Khristofel A, Merliyati Simanjutak ikut mengangkat dan mendistribusikan bantuan logistik untuk para korban banjir dan longsor.

istri bupati khristofel a merliyati simanjutak ikut mendistribusikan bantuan
©2021 Merdeka.com

Ibu Merliyati Simanjutak tak segan mengangkut dus mie instan dan memberikannya kepada warganya. Bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban warga.

Merliyati Simanjutak yang juga Ketua TP PKK Sumba Timur mendistribusikan sembako ke tempat pengungsian yang sulit dijangkau kendaraan. Merliyati Simanjutak dan tim terpaksa harus berjalan kaki dan memikul bantuan tersebut.

Disadur dari Merdeka.com 

Bupati C PRovinsi NTT Khristofel A. Praing Bencana Alam Sumba Timur Bansos


Loading...