Advertisement

Memantau Perkembangan Balita di Tengah Pandemi Covid-19, Kader PKK Siapkan Posyandu Online

Memantau Perkembangan Balita di Tengah Pandemi Covid-19, Kader PKK Siapkan Posyandu Online
(Dok Poskota.co.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 8 April 2021 10:41 WIB

Terasjabar.id – Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, membuat inovasi baru.

Mereka menyiapkan Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (Posyandu) secara online agar pengawasan terhadap balita bisa berjalan lancar meski di tengah Pandemi Covid-19. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Cibubur, Sukma Dewini mengatakan, inovasi yang dilakukan pihaknya agar pengawasan terhadap balita yang ada ditempatnya terus berjalan meski di masa Pandemi.

"Saat ini masih dam tahap sosialisasi dulu dan sekaligus perekrutan data agar Posyandu Online ini dapat berjalan dengan baik," katanya, Rabu (07/04/2021).

Dikatakan Sukma, posyandu online yang disiapkan pihaknya agar pengawasan terhadap balita terus berjalan.

Hal itu terus dilakukan untuk memperhatikan tumbuh kembang balita yang di wilayah Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas.

"Sehingga balita yang ada ditempat kami bisa terus kami pantau perkembangan mereka secara online," ujarnya. 

Agar kegiatan ini dapat berjalan baik, kata Sukma, pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Kelurahan Cibubur dan 32 pengurus Posyandu Balita Kelurahan Cibubur.

Bahkan, pihkanya juga melibatkan kader Dasawisma untuk membantu agar semua balita yang ada di wilayahnya dapat terdata dan terpantau tumbuh kembangnya.

"Jadi, nanti data balita yang ada di Posyandu dan data Dasawisma bisa kita sinkronkan, agar balita di Kelurahan Cibubur dapat terdata seluruhnya. Hasil laporan dibuat selain secara online juga dibuat tertulis dan dilaporkan setiap akhir bulan," jelasnya.

Posyandu Online dilakukan dengan pelaporan data dalam pertemuan virtual (zoom meeting) bersama para Puskesmas Kelurahan Cibubur, pengurus Posyandu Balita Kelurahan Cibubur dan kader Dasawisma.

Dan selain menerima laporan, pihaknya juga memberikan edukasi bagi para ibu. "Kami sampaikan konseling menyusui dan pemberian makan bayi dan anak (PMBA), praktek PMBA dan pemberian makanan tambahan (PMT) Gizi Seimbang," tukasnya. (ifand)

Disadur dari Poskota.co.id

Kader PKK Kelurahan Cibubur Jaktim Inovasi Baru PAndemi COvid-19


Loading...