Advertisement

ISSK Gowes Explore Tour Majalengka

ISSK Gowes Explore Tour Majalengka
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 6 April 2021 08:22 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Dalam Menyambut bulan suci Ramadhan 1422 H kelompok Ikatan Sepeda Sehat Kuningan ISSK) melakukan Explore Tour ke Majalengka dengan peserta terbatas 25 orang, Minggu kemarin (4/04-2021). Kegiatan gowes ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, tutur Didi Supriadi goweser anggota ISSK asal Cigugur, seusai tiba di garis finish di Taman Kota Kuningan.


Kami bersama goweser berangkat dari garis Start Tamkot' pukul 06.30 WIB dengan rute jalur selatan, melalui Jl raya Veteran-Cigadung-Windujanten-Kadugede-Darma-Cikijing-Talaga-Maja-Cigasong-Alun"-Taman Rahaja/Tugu Bola Dunia-Cigasong-Sukahaji-Rajagaluh-Sindangwangi-Polsek Dukuhpuntang-Cisaat-Mandirancan-Pakembangan-Cilimus-Jalaksana dan tiba di finish Tamkot pukul 20.00 WIB, terang Didi. Gowes Explore Tour Majalengka ini relatif aman dan lancar, Namun dalam perjalanan pulang kami terkendala hujan.

Gambar

Akhirnya terpaksa menunggu hujan reda Alhamdulillah para goweser mengayuh sepedanya dengan santai sambil menikmati panorama alam sepanjang rute yang dilalui, sejauh 120 Km dengan jarak tempuh selama 8 jam 20 menit, imbuh dia.

Sementara itu, para goweser merasa terkesan saat berada di alun-alun kota Majalengka. Penataan taman/alun-alun kota cukup bagus dan menyenangkan.
Ketika rehat di alun-alun kota, goweser serasa dimanjakan dengan fadilitas parkir khusus sepeda, lanjut Didi.


Namun sangat disayangkan kurangnya kesadaran para pengunjung di alun-alun kota. Pengunjung tidak mentaati aturan, karena masih suka memakai alas kaki saat menginjak rumput sintesis di alun-alun. Artinya mereka tidak disiplin (tidak seperti ditempat lain, pengunjung harus melepas alas kaki), ujarnya.
Majalengka adalah salah satu destinasi wisata di Jawa barat yang meniliki potensi alam yang sangat indah, seperti Kuningan.


Majalengka salah satu kabupaten yang mengelilingi gunung Ciremai, selain Kuningan, Cirebon dan Indramayu.
Disamping itu, penataan kotanya perlu dicontoh oleh kabupaten lain, ujarnya.


Dua kabupaten ini Mahakengka dan Kuningan adalah surganya tempat wisata bagi para pelancong, imbuh dia. Selain itu, keramahan warga sekitar tak perlu diragukan lagi. Sikap ramah dan santun sudah mendarah daging sebagai warga Sunda,

Gambar
Saya sendiri sebagai penikmat sepeda, sedang berusaha mempromosikan destinasi wisata di Kuningan, minimal wisata lokal dulu 'terexplore', karena bagi saya gowes itu sekalian tadabbur alam, tuturnya.

Saya berharap destinasi wisata yang ada di Majalengka dan daerah lain, agar obyek wisatanya yang sudah baik lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi agar lebih baik. Begitu pun yang masih kurang baik jadikan lebih baik, jangan cepat merasa puas dengan sesuatu yang sudah didapat, tetap bikin inovasi dan terobosan, agar di tempat wisata tidak mudah cepat bosan, harap Didi.


Bagi saya pribadi, Majalengka sangat bagus dalam penataan ruang publik, terutama lahan hijau ditengah kota. Namun sangat disayangkan jalan raya kota sebagian masih berlubang dan sangat membahayakan, terutama bagi pesepeda. Untuk kenyamanan maka jalan raya Kota Majalengka perlu segera diperbaiki, saran Didi.
Eksplor Tour de Majalengka sangat menyenangkan karena rutenya sangat bersahabat dengan alam semesta.
Pesan saya jaga kebersamaan, sehat serta sukses selalu di etape berikutnya. (H WAWAN JR)

Anggota ISSK Explre Tour Majalengka Goweser Pandemi Covid-19 Kuningan Prokes


Loading...