Dansektor 7 Jefson Terjun Ke Lokasi Banjir Dayeuhkolot dan Baleendah

Dansektor 7 Jefson Terjun Ke Lokasi Banjir Dayeuhkolot dan Baleendah
Editor: Malda Teras Bandung —Jumat, 2 April 2021 08:26 WIB

Terasjabar.id, Kab Bandung - Kecamatan Dayeuhkolot dan kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kembali dilanda banjir dibeberapa titik akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah ini dengan itensitas tinggi, Kamis (1/04-2021) sekira pukul 08.00 WIB.


Bencana banjir tersebut mengundang perhatian Komandan Sektor 7 Kolonel Inf.Jefson Marisano, yang terjun langsung ke lokasi wilayah Sektor 7 yang terdampak banjir.


Beberapa titik wilayah yang terdampak banjir tutur Jefson Marisano disela-sela peninjauan, antara lain Kelurahan Andir, Desa Bojongmalaka dan Dayeuhkolot. Dalam peninjauan itu Jefson Marisano melakukan Pengecekan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Mitra Citarum Air Biru (MCAB) yang berlokasi di jalan Cisirung, Kelurahan Pasawahan yang terendam air.


Menurutnya, penyebab IPAL terendam banjir karena posisinya lebih rendah dari badan jalan, sehingga praktis pembuangan air banjir ke selokan menuju sungai Citarum jadi terhambat, akibat debit air sungai Citarum tinggi, terang dia.
Berdasarkan hasil pendataan, tercatat ketinggian air mencapai 110 hingga 150 cm. Sedangkan pemukiman warga di wilayah Kelurahan Andir, yang tergenang air sebanyak 9 RW, ungkapnya.

Gambar
Menyusul, di jalan Andir Katapang juga terendam dengan ketinggian air cukup tinggi, sehingga praktis tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Selain itu, gedung SDN 1 Kampung Jembatan, dan 6 Masjid diwilayah ini ikut tergenang".,lanjut Jefson.

Sementara itu, di Desa Dayeuhkolot, terdapat 10 RW yang tergenang, dengan ketinggian air antara 50 - 120 cm. Namun, dua ruas jalan di depan Masjid Ashofia, dan jalan raya di depan pabrik Metro Dayeuhkolot, masih bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Akibat bencana banjir tersebut, hingga saat ini sebanyak 44 jiwa dari 14 KK terpaksa di evakuasi ke pengungsian di Gedung PMI Desa Dayeuhkolot",ujarnya.


Wilayah lainnya yang terdampak banjir, yaitu di RW 07 Desa Bojongmalaka dengan ketinggian air 20 - 50 cm.
Dalam upaya penanganan dampak banjir, Sektor 7 beserta jajaran turut membantu evakuasi warga ke tempat pengungsian. Jefson menghimbau warga masyarakat, agar tetap waspada bila terjadi hujan deras, karena kemungkinan terjadi lagi banjir susulan. Begitu pula kepada para pengungsi, saya minta agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19, pungkasnya (Wanda)

Jefson Bandung Banjir Dayeuh Kolot Baleendahh


Loading...