Uang Hasil Penggandaan Ustaz Gondrong Diduga Dibakar, Pelaku Mengaku Hanya Iseng

Uang Hasil Penggandaan Ustaz Gondrong Diduga Dibakar, Pelaku Mengaku Hanya Iseng
Tribunjakarta
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 23 Maret 2021 11:40 WIB

Terasjabar.id - Pria bernama Herman, pelaku penggandaan uang yang viral di media sosial dikenal sebagai dukun yang bisa mengobati orang hingga dijuluki Ustaz Gondrong.

Nali (44) paman ipar pelaku mengatakan, Herman merupakan menantu yang menikahi keponakannya sejak sekitar tiga tahun silam.

"Saya sebenernya enggak begitu kenal, diakan menikah sama keponakan saya namanya Novi (20), udah punya anak satu usia dua tahun," kata Nali.

Aktivitas Herman selama ini memang dikenal sebagai 'orang pintar', ia membuka jasa pengobatan alternatif.

"Buka pengobatan alternatif, dia ya sebagai dukun tapi lebih dikenal lagi sebagai ustaz yang bisa mengobati orang," ucapnya.

Praktik dukun atau pengobatan alternatif dilakukan di kediaman Herman di Gang Veteran RT001 RW003, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

"Kebanyakan orang luar kalau yang berobat, orang sini malah enggak ada yang pernah karena enggak tahu," terangnya.

Terkait aktivitas penggandaan uang, Nali sendiri tidak begitu tahu suami keponakannya memiliki kemampuan seperti itu.

"Kalau itu (penggandaan uang) saya malah baru tahu pas viral videonya, selama ini saya enggak pernah tahu, bisa ngobatin orang kaya gimana aja saya enggak tahu," tegasnya.

Seperti yang diketahui, dalam video viral yang beradar, aksi penggandaan uang dilakukan oleh seorang pria berpeci hitam duduk bersila di teras rumah.

Praktik penggandaan uang ini disaksikan sejumlah orang, diantar mereka ada yang mengabadikan momen tersebut hingga selanjutnya viral di media sosial.

Pria berambut gondrong ini tampak memegang secarik kertas, ia juga meletakkan beberapa jimat lalu memasukkannya ke dalam sebuah kotak kecil berwarna hitam.

Tidak lama setelah itu, dia membuka kembali kotak kecil berisi jimat, secarik kertas yang sudah berubah menjadi tumpukan uang pecahan seratus ribu.

Secara perlahan, pria tersebut mengeluarkan uang dari dalam kotak dan menebarnya di teras rumah seolah uang keluar tak ada habis.

Rumah yang diketahui menjadi lokasi praktik penggandaan uang kini telah kosong, tidak ada tanda-tanda keberadaan penghuni di dalamnya.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Polisi Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya melalui Polsek Babelan sudah mengamankan orang-orang dalam video untuk dimintai keterangan.

"Sudah saya perintahkan Kapolsek Babelan untuk memeriksa ustad H atau biasa dipanggil ustad gondrong dan beberapa saksi lain," kata Hendra.

Hendra menambahkan, pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut praktik yang dilakukan Ustad Gondrong apakah masuk dalam perkara penipuan atau semacamnya.

"Masih dalan penyelidikan apakah yang bersangkutan bisa menggandakan, atau hanya sekedar main-main atau itikad penipuan," tegasnya.

Disamping itu, pihaknya juga memeriksa sejumlah orang yang ada pada video viral. Disebutkan juga, orang-orang tersebut merupakan anggota kepolisian.

"Terkait orang-orang yang ada di dalam video itu masih dalam penyelidikan, kita periksa juga klarifikasi termasuk istrinya," tutur Hendra.

- Mengaku Hanya Iseng

Video viral praktik penggandaan uang yang dilakukan pria bernama Herman alias Ustaz Gondrong direkam oleh istrinya sendiri, hal ini diakui terduga pelaku saat diperiksa polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, aksi penggandaan uang itu sengaja direkam oleh sang istri berinisial Noviyanti (18).

"Dari hasil pemeriksaan video itu dibuat tanggal 18 Maret 2021 sekira pukul 11.00 WIB yang membuat adalah istrinya sendiri," kata Yusri kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Video tersebut lanjut Yusri, kemudian disebar dan diunggah ke media sosial oleh seseorang berinisial M. Posisi M saat ini, berada di Surabaya, Jawa Timur.

"Pengakuannya hanya iseng saja, karena itu adalah trik-trik sulap saja, sementara seperti itu berdasarkan pemeriksaan," jelasnya.

Video dibuat di rumah Ustaz Gondrong yang beralamat di Gang Veteran RT001 RW003, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

"Di video itu ada beberapa orang seperti mertuanya, istri, anaknya dan beberapa orang-orang lain seperti yang terlihat di video viral," tuturnya.

Yustri memastikan, kepolisian dari Polres Metro Bekasi masih melakukan penyelidikan terkait kasus video viral dugaan penggandaan uang tersebut.

"Ini sementara yang masih didalami, penyidik sudah datang ke kediaman saudara H (Herman) untuk melakukan penggeledahan, termasuk mengamankan benda-benda yang ada di dalam video tersebut," tegasnya.

- Uang Hasil Penggandaan Dibakar

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus mengatakan, Polres Metro Bekasi sudah mengamankan sejumlah orang termasuk Herman terduga pelaku dan istrinya berinisial NT (18).

"Kita sudah amankan beberapa orang, termasuk istrinya yang mengaku semua benda yang ada di dalam video termasuk uang diduga merupakan uang palsu," kata Yusri kepada wartawan, Senin (22/3/2021).

Yusri menjelaskan, penyidik dari Polsek Babelan dan Polres Metro Bekasi sudah melakukan penggeledahan di rumah terduga pelaku.

Dari hasil penggeledahan itu, didapatkan sejumlah barang bukti diantaranya, barang-barang di dalam video serta sisa pembakaran diduga uang palsu yang sengaja dibakar.

"Itu (dugaan uang palsu) sudah dibakar, awalnya istrinya menitipkan ke orangtuanya lalu oleh orang tuanya diberikan ke seseorang berinisial F untuk membakarnya," terang Yusri.

Yusri memastikan, pihaknya masih mendalami kasus yang viral di media sosial ini. Termasuk, menyelidiki adanya motif penipuan yang dilakukan pria berjuluk Ustaz Gondrong.

"Ini masih kita dalami termasuk apakah ada korban penipuan, ini masih menunggu hasil pendalaman yang kita lakukan terhadap para saksi-saksi dan juga sauara H (Herman) dan istrinya," tegasnya.

(Tribunjakarta.com)


Ustaz Gondorong Viral Bekasi Media Sosial Iseng


Loading...