GM Irene dan Dewa Kipas Menang Ratusan Juta, Pajaknya Berapa Ya?

GM Irene dan Dewa Kipas Menang Ratusan Juta, Pajaknya Berapa Ya?
Gelora.co
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 23 Maret 2021 10:08 WIB

Terasjabar.id 

Grand Master Woman Irene Kharisma Sukandar dan Dewa Kipas alias Dadang Subur jangan lupa membayar pajak. Kewajiban pajak ini atas hadiah berupa uang yang didapat usai pertandingan catur.

GM Irene Kharisma Sukandar memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 atas Dewa Kipas. Lewat pertandingan ini, Irene mendapatkan hadiah Rp 200 juta sedangkan Dewa Kipas Rp 100 juta.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menilai hadiah berupa uang tersebut wajib dilaporkan karena masuk ke dalam objek pajak penghasilan (PPh).


Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Kementerian Keuangan Neilmaldrin Noor perlakuan pajak atas hadiah dan penghargaan diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-11/PJ/2015 tentang Pengenaan Pajak Penghasilan atas Hadiah dan Penghargaan.

"Peraturan itu menetapkan, penghasilan berupa hadiah dari undian, perlombaan, serta kegiatan dan penghargaan merupakan objek Pajak Penghasilan (PPh)," kata Neilmaldrin saat dihubungi detikcom, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Dia menjelaskan, hadiah berupa uang yang didapat dari peserta suatu kegiatan merupakan objek PPh dalam kategori penghargaan sehubungan dengan kegiatan. Mengenai besaran pajaknya, Neilmaldrin mengatakan sesuai dengan Pasal 17 Undang-Undang PPh.

Menurut dia, tarif pajak yang dikenakan akan lebih besar jika para penerima hadiah dalam suatu kegiatan tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

"Bila penerima hadiah yang dipotong PPh Pasal 21 tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, dikenakan pemotongan PPh Pasal 21 dengan tarif lebih tinggi 20% daripada tarif yang diterapkan terhadap penerima hadiah yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.(PER-16/PJ/2016)," jelasnya.

Dapat diketahui, Irene Kharisma membuat Dewa Kipas menyerah dengan hanya menang kualitas, dalam artian memiliki dua benteng dan menteri. Sedangkan Dewa Kipas hanya memiliki satu menteri dan satu kuda. Irene menang telak dengan skor 3-0.

Pertandingan ini dikomentari oleh Grand Master Susanto Megaranto dan Woman International Master Chelsie Monica.

(hek/ara/Gelora.co)

Dewa Kipas Dadang Subur Viral


Loading...