Mimpi Silvana Yunita, Anak Nelayan Jadi Putri Nelayan 2020, Ingin Nelayan Sukabumi Berkualitas

Mimpi Silvana Yunita, Anak Nelayan Jadi Putri Nelayan 2020, Ingin Nelayan Sukabumi Berkualitas
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Kamis, 18 Maret 2021 14:23 WIB

Terasjabar.id - Namanya Silvana Yunita. Usianya 19 tahun. Dia adalah Putri Nelayan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang terpilih pada 2020.

Gadis yang akrab disapa Sisil ini mengatakan, awal mula mengikuti ajang pencarian bakat tahunan di Kabupaten Sukabumi karena ingin mendapatkan pengalaman.

Terlebih, ia berlatar belakang keluarga nelayan.

"Tapi alasan paling utama saya mengikuti ini karena banyak nelayan ingin seorang putrinya diwakili oleh salah satu bagian dari asli anak nelayan. Agar kelak lebih mudah menyampaikan aspirasi para nelayan. akhirnya saya memberanikan diri dan ini yanG membuat saya sangat termotivasi," ujar gadis kelahiran 13 Juli 2002 ini, Kamis (18/3/2021).

Sisil mengatakan, tujuan utama saat mengikuti pencarian bakat putri nelayan ini karena keinginannya yang mau menjadi promotor terciptanya nelayan Sukabumi yang berkualitas.

"Tujuan saya ingin menjadi promotor terciptanya nelayan di Kabupaten Sukabumi khususnya di Pelabuhanratu yang berkualitas kelembagaan dan manaJemen sumber daya manusia. Mengembangkan pemasaran pariwisata yang bersinergis dengan budaya yang ada di Pelabuhanratu, menjadi lebih unggul dan dapat dinikmati semua kalangan," ucap Sisil.

Dia mengaku tidak menyangka terpilih sebagai Putri Nelayan 2020 karena saingannya cukup berat.

Ini menjadi bukti bahwa seorang anak nelayan pun bisa menjadi Putri Nelayan pilihan yang telah melalui tahap seleksi.

"Jelas sangat tidak menyangka karena saya baru pertama kali mengikuti pendaftaran Putri Nelayan ini, belum ada pengalaman sama sekali. Tapi dengan niat dan tekad yang kuat, saya berlatih dan banyak mengasah wawasan dan sharing," kata gadis lulusan SMAN 1 Palabuhanratu ini.

Terhalang pandemi

Setelah terpilih menjadi Putri Nelayan 2020, Sisil belum melakukan banyak kegiatan karena terhalang pandemi Covid-19.

Namun, dia sudah sering melakukan photoshoot bersama fotografer di Palabuhanratu.

"Saya mohon maaf karena terbatasnya waktu di masa pandemi ini sehingga banyak sekali kegiatan yang ditunda juga dibatasi. Tapi jika memang semua sudah stabil insya Allah saya akan memulai kegiatan dengan beberapa program yang sudah pernah saya jelaskan," ucapnya.

Dia mengatakan, sudah ada beberapa aspirasi dari nelayan yang ditampung.

"Tinggal nanti saya sampaikan apabila ada forum dengan beberapa mitra kerja nelayan," ucapnya.

Saat ini, Sisil juga fokus melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan di Palabuhanratu. (Tribunjabar.id)




Silvana Yunita Nelayan Viral Putri Nelayan 2020


Loading...