Advertisement

Bupati Acep : Manfaatkan Setiap Pekarangan Rumah Untuk Ketahanan Pangan

Bupati Acep : Manfaatkan Setiap Pekarangan Rumah Untuk Ketahanan Pangan
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 18 Maret 2021 13:11 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Pangan Bunda Menyapa merupakan kebutuhan pokok yang memberikan manfaat secara adil, merata dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan pangan. Demikian dikatakan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, saat melaunching Program Bunda Menyapa (Membangun Desa Menata Sumberdaya Pangan Keluarga), di Desa Cipetir Kecamatan Lebakwangi, Rabu (17/03/2021).

Pangan lanjut Bupati Acep, merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi, karena sebuah kebutuhan pokok untuk kita semua, karena dengan pangan kita akan terhindar dari adanya kekurangan pangan yang mengakibatkan terjadinya gizi buruk.

Dengan Program Bunda Menyapa, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan satu keluarga, dengan cara memanfaatkan setiap jengkal akar maupun perkarangan. Untuk itu kepada pemilik tanah untuk menginzinkan kepada penggarap yang ingin bertanam, yang tidak memiliki lahan karena ini kaitannya dengan ketanahan pangan. Selain itu manfaat perkarangan rumahpun menjadi lebih indah, rindang, dan enak dipandang.

Gambar

Harapan serupa disampaikan Ketu TP-PKK Hj Ika Rahmawati, program ini dapat meningkatkan ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan keluarga dengan.memanfaatkan setiap jengkal tanah, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cipetir Purnamajaya melaporkan, KWT Lestari bersama masyarakat membuat polybag sekitar 15.000 polybag dan 500 rak-rakan yang tersebar di seluruh masyarakat, yang ditanam di polybag sekitar 24 jenis tanaman yang terdiri dari sayuran dan buah untuk menopang pangan keluarga.

Selain itu, mengoptimalkan kelangsungan Program Bunda Menyapa KWT Lestari dengan memperluasan lahan yang berlokasi di tanah Desa Cipetir seluas 150 bata dan ditanami bayam, kangkung, cabe, tomat, terong dan tanaman produktif lainnya.

“Dengan adanya perluasan lahan Bunda Menyapa ini dapat menopang pangan masyarakat Cipetir bahkan desa-desa di kecamatan lebakwangi maupun kecamatan sekitar dapat dipenuhi kebutuhan sayurannya oleh KWT Lestari Desa Cipetir,” tuturnya. (H Aboy)

Pandemi Covid-19 Program Bunda Menyapa Pangan PRokes Launching Lebakwangi


Loading...