Terkait Dikeluarkannya Tim Bulutangkis dari Ajang All England 2021, DPR Minta Pemerintah Lobi Panitia All England Soal Timnas RI Sudah Divaksinasi

Terkait Dikeluarkannya Tim Bulutangkis  dari Ajang All England 2021, DPR Minta Pemerintah Lobi Panitia All England Soal Timnas RI Sudah Divaksinasi
(SINDONews : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 18 Maret 2021 11:58 WIB

Terasjabar.id - Komisi X DPR RI meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) segera turun tangan terkait dikeluarkannya tim bulu tangkis dari ajang All England 2021. Pemerintah diminta berkoordinasi dengan panitia bahwa timnas Indonesia bebas dari Covid-19 karena telah dites Covid-19 maupun vaksinasi.

"Kita minta Kemenpora-Kemlu ikut turun tangan, melakukan koordinasi dengan ofisial tim yang ada di sana untuk lobi dan meyakinkan bahwa sebenarnya sudah diantisipasi sejak awal dengan cara pemain kita sudah divaksin dan seterusnya," kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Huda menyebut didepaknya tim Indonesia dari ajang All England 2021 sangat tidak adil. Dia menyebut Indonesia menuntut keterbukaan pemerintah Inggris soal seseorang positif Covid-19 yang disebut satu pesawat dengan timnas Indonesia.

"Tentu tidak fair kalau tiba-tiba mereka digugurkan begitu saja. Nah, karena itu, betul bahwa pemerintah Inggris punya aturan ketat terkait dengan itu. Tapi saya kira kan pasti ada diskresi-diskresi, terlebih-lebih ini kompetisi sifatnya internasional," katanya.

“Kita tuntut transparansi ya, betul tidak dan ada penumpang yang positif Covid-19 itu harus dibuka secara publik. Siapa orangnya, seperti apa ada, dia ada di bangku seat berapa, dan seterusnya,” sambung Syaiful.

FOLLOW JUGA : 

Komisi X mendesak pemerintah melakukan lobi dan memberikan penjelasan pada panitia bahwa para atlet bersih dan telah divaksin untuk menjadi pertimbangan.

"Lobi bahwa seluruh atlet Indonesia juga sudah divaksin, tingkat kekebalan vaksin kan kalau sudah lebih dari 28 hari kan dia sudah kebal sebenarnya. Saya kira pemerintah, dalam hal ini federasi, panitia, dan pemerintah Inggris, saya kira harus, saya kira menjadikan fakta-fakta ini, fakta kesehatan atlet kita yang sudah divaksin dan seterusnya ini bisa menjadi pertimbangan," katanya.

PBSI mengumumkan seluruh perwakilan Indonesia dikeluarkan dari ajang All England 2021. Alasannya yakni pesawat yang ditumpangi atlet dan ofisial Indonesia dari Istanbul ke Birmingham terdalat seorang penumpang disebut positif Covid-19.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) secara mengejutkan mengumumkan bahwa seluruh anggota tim nasional Indonesia yang tengah berada di Brimingham, Inggris, untuk berlaga di All England 2021 harus mundur usai kontak dengan seseorang yang positif Covid-19. Hal ini mereka umumkan via situs resmi, Kamis (18/3).

Lewat Instagram, PBSI pun menyatakan bahwa timnas Indonesia mendapatkan informasi dari otoritas kesehatan setempat bahwa mereka satu pesawat dengan seseorang yang positif Covid-19 dalam perjalanan ke Inggris via Istanbul, Turki. Alhasil, semua anggota tim menjalani isolasi mandiri selama 10 hari.

Isolasi mandiri pun akan dilakukan di Crowne Plaza Birmingham City Centre, terhitung 10 sejak kedatangan timnas di Brimingham pada Sabtu (13/3). Mengingat masa isolasi mandiri baru akan berakhir pada 23 Maret, seluruh pemain Indonesia pun tak bisa melanjutkan kiprah di All England 2021.

PBSI selaku induk olahraga bulutangkis Indonesia merasa dirugikan dengan keputusan tersebut. PSBI pun menyayangkan keputusan yang telah diambil oleh BWF dan Federasi Bulutangkis Inggris.

Disadur dari Sindonews.com 

Komisi X DPR RI Kemenpora Kemlu Pandemi Covid-19 Program Vaksinasi


Loading...