Timnas Putri Indonesia Belum Pernah Raih Medali SEA Games, 'Harus Berjuang' Ujar PSSI

Timnas Putri Indonesia Belum Pernah Raih Medali SEA Games, 'Harus Berjuang' Ujar PSSI
(Nusa Daily : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 18 Maret 2021 11:07 WIB

Terasjabar.id - Tim nasional (timnas) putri Indonesia telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada 8-31 Maret 2021. Mereka mempersiapkan diri fokus jelang kejuaraan SEA Games 2021.

Meski begitu, PSSI belum menargetkan medali SEA Games 2021 kepada timnas putri Indonesia.

"Saya minta pada timnas untuk melakukan yang terbaik di SEA Games 2021," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat memantau uji coba timnas putri di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, seperti dimuat Antara, Rabu (17/3/2021).

Seperti diketahui, timnas putri Indonesia belum pernah sekali pun meraih medali selama berkompetisi di SEA Games.

Prestasi terbaik skuad Garuda Pertiwi di SEA Games diraih pada tahun 1997 dan 2001 yaitu berada di posisi keempat.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, timnas putri bahkan tidak lolos fase grup lantaran tak pernah menang melawan dua anggota grup lain, Vietnam dan Thailand.

Vietnam saat itu menaklukkan Indonesia dengan skor telak 0-6 dan Thailand menang atas skuad 'Garuda Pertiwi' dengan skor 5-1. Vietnam sendiri pada akhirnya merebut medali emas dan Thailand meraup medali perak.

FOLLOW JUGA : 

"Saya tentu ingin kita membalas kekalahan-kekalahan itu, khususnya dengan Vietnam karena mereka tim terbaik di SEA Games itu. Namun, untuk menuju ke sana, kita tentu harus betul-betul berjuang dan berlatih sekuat tenaga," kata Iriawan.

Demi menggoreskan pencapaian terbaik di SEA Games 2021, PSSI meminta pelatih timnas putri Rudy Eka Priyambada agar mencari komposisi pemain yang tepat untuk skuadnya.

Iriawan menegaskan bahwa PSSI memercayakan sepenuhnya timnas putri kepada Rudy dan tidak akan mencampuri urusan teknis.

"Saya menyerahkan ke pelatih karena itu adalah kewenangannya. Namun, saya meminta, mental pemain harus tetap nomor satu, kedua, disiplin dan ketiga mesti dapat meningkatkan fisik serta stamina. Bagaimana pun bagusnya bermain, pasti akan maksimal kalau stamina melorot," tutur Iriawan. (Antara)


Disadur dari Suara.com 

Timnas Putri Indonesia TC Jakarta SEA Games 2021 Pandemi Covid-19 PSSI


Loading...