Advertisement

Demi Menghindari Pungli, Wali Kota Medan Luncurkan Uji KIR Nontunai

Demi Menghindari Pungli, Wali Kota Medan Luncurkan Uji KIR Nontunai
(Kompas Regional : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Maret 2021 13:37 WIB

Terasjabar.id -- Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution meluncurkan pembayaran biaya Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) atau uji KIR nontunai melalui layanan E- Money, QRIS dan Qren demi menghindari pungutan liar (pungli).

"Melalui pembayaran nontunai yang berkolaborasi dengan Bank Sumut ini dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah)," kata Bobby di Kantor Unit Pelayanan Terpadu PKB Amplas.

Bobby mengatakan Pemkot Medan selalu berkolaborasi dengan semua pihak dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan PAD, salah satunya pembayaran tunai secara perlahan mulai dikurangi.

FOLLOW JUGA : 

Sebab, lanjutnya, pembayaran tunai sangat erat kaitannya dengan kecenderungan tidak transparan dengan yang dilakukan beberapa oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan. Menurut menantu Presiden Jokowi ini, sistem pembayaran tunai secara perlahan sudah mulai ditinggalkan.

"Apalagi saat ini kita masuk di era 4.0, dan Pemkot Medan harus siap menyambut era itu, salah satunya dengan pembayaran nontunai," terang Bobby.

Pemkot Medan, jelas dia, juga meminta bantuan Bank Sumut untuk merealisasikan pembayaran parkir nontunai, sebab parkir merupakan penyumbang PAD terbesar di Kota Medan.

"Setelah pembayaran uji KIR hari ini, dua pekan lagi kita targetkan pembayaran parkir nontunai. Lokasi pertama menjadi percontohan di kawasan Kesawan. Jika berhasil, maka PAD Kota Medan akan meningkat," ujar dia.

Sumber : Antara

Disadur dari Republika.co.id

Wali Kota Medan Pandemi Covid-19 Hindari Pungli PKB Uji KIR


Loading...