Polresta Bogor Kota Menahan 363 Motor Berknalpot Bising

Polresta Bogor Kota Menahan 363 Motor Berknalpot Bising
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Maret 2021 09:15 WIB

Terasjabar.id - Polresta Bogor Kota menilang dan menahan 363 sepeda motor berknalpot bising yang mengeluarkan suara berisik di atas batas ambang kebisingan, dari razia yang dilakukan oleh Tim Bajra di wilayah hukum Kota Bogor, dalam sepekan. Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, razia dilakukan oleh Tim Bajra yakni tim gabungan Satlantas dan Sabhara dalam sepekan pada 8-13 Maret 2021.

Dari razia tersebut, berhasil menahan sebanyak 363 sepeda motor yang menggunakan knalpot bising, dan suara knalpotnya melampaui batas ambang kebisingan. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup, batas ambang kebisingan untuk kendaraan bermotor sampai 175 cc adalah 80 dB dan di atas 175 cc adalah 83 dB.

Susatyo menjelaskan, berdasarkan aturan dalam UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas mengatur bahwa kendaraan yang melanggar batas ambang kebisingan, dapat diberikan sanksi berupa hukuman penjara maksimal satu bulan atau denda maksimal Rp250.000.

FOLLOW JUGA : 

"Sepeda motor yang suara knalpotnya melampaui batas ambang kebisingan, kami tilang dan ditahan di Polresta. Knalpotnya harus diganti dengan knalpot standar. Setelah knalpotnya diganti, baru dibebaskan," katanya, dilansir Antara, Selasa (16/3).

Menurut Susatyo, knalpot bising yang sudah diganti akan dimusnahkan dengan cara dipotong-potong, sehingga tidak bisa digunakan. "Knalpot bising tidak hanya mengganggu kenyamanan warga sekitar, juga dapat memicu gangguan Kamtibmas lainnya, seperti tawuran antar kelompok," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolresta bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tidak menggunakan knalpot bising. "Kami akan melakukan tindakan tegas kepada siapapun yang menggunakan knalpot bising, tidak sesuai dengan aturan," katanya.

Disadur dari Merdeka.com 

Polresta Bogor Pandemi Covid-19 Knalpot Bising


Loading...