Dialog Kebudayaan Momentum memelihara Nilai Tradisi Masyarakat

Dialog Kebudayaan Momentum memelihara Nilai Tradisi Masyarakat
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 17 Maret 2021 09:01 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Dalam upaya memelihara dan melestarikan nilai-nilai tradisi ditenga-tengah masyarakat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan bersama Dewan Kebudayaan menggelar Dialog Kebudayaan dengan tajuk ”Sinkronisasi dan Sinergis Pemajuan Kebudayaan sebagai Kontribusi dalam Upaya Peningkatan pembangunan di Kabupaten Kuningan di Wisma Permata, Selasa (16/3-2021). Dialog ini dihadiri jajaran pengurus Dewan Kebudayaan, para seniman dan Pamong budaya.

Sekda Kuningan Drs. H. Dian Rachmat Yanuar M.Si saat membuka acara mengemukakan, bahwa dialog Kebudayaan ini sebagai momentum untuk memelihara atau mengembangkan nilai-nilai tradisi yang ada di masyarakat Kuningan.

“Memelihara dan mengembangkan nilai-nilai tradisi daerah kata Dian, merupakan jati diri dan sebagai perlambang kebanggaan masyarakat daerah yang multikultural,”. Tujuan dari Pelestarian Budaya intinya adalah melindungi, mengamankan dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah, semangat cinta tanah air, nasionalisme, patriotisme, serta mengembangkan kebudayaan daerah untuk memperkuat jatidiri kebudayaan nasional, papar Dian.

Gambar

(Dialog budaya di wisma Permata Kuningan)

“Untuk dapat melestarikan Budaya Daerah, antara Pemerintah, Masyarakat, serta Stakeholder terkait harus ada kekompakan serta visi yang sama dalam bekerjasama. Jika tidak ada kebersamaan, mustahil budaya daerah ini dapat lestari.” ungkap Dian.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan Drs. H. Uca Somantri selaku Ketua Panitia mengatakan, tujuan dari Dialog Budaya ini, ingin membumikan yang berhubungan dengan budaya, warisan atau konten kebudayaan di kabupaten kuningan, sehingga dapat menyamakan persepsi satu sama lain.

“saya meminta pemajuan kebudayaan di sekolah, kecamatan, dan desa hendaknya mengisi program yang mungkin bisa dilakukan, dalam rangka ikhtiar kita meningkatkan pemajuan kebudayaan,” tuturnya. Akhirnya diharapkan melalui dialog budaya ini pemajuan kebudayaan di Kuningan lebih meningkat. Sementara itu, Ketua Umum Dewan Kebudayaan Kuningan DR Uhar Suharsaputra, mohon kepedulian dan dukungannya dari pemerintah daerah, DPRD maupun segenap lapisan masyarakat dalam upaya peningkatan pemajuan kebudayaan di Kabupaten Kuningan. (H WAWAN JR)

Dialog Kebudayaan Tradisi Masyarakat Kabupaten Kuningan Pandemi Covid-19


Loading...