Vatikan: Gereja Katolik Tak Bisa Memberkati Pernikahan Pasangan Sejenis

Vatikan: Gereja Katolik Tak Bisa Memberkati Pernikahan Pasangan Sejenis
Detik.com
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 16 Maret 2021 15:37 WIB

Terasjabar.id - 

Gereja Katolik tak punya kuasa untuk memberkati pasangan sesama jenis, kata pihak Vatikan yang menangani doktrin.

Ini merupakan hal yang "tidak mungkin" bagi Tuhan untuk "memberkati dosa", kata Kongregasi bagi Doktrin Iman (CFD) di Vatikan Senin waktu setempat.

Tapi CDF memberikan catatan "unsur-unsur positif" dalam hubungan sesama jenis.


Pada Oktober lalu, Paus Fransiskus mengatakan dalam sebuah dokumenter, menurutnya pasangan sesama jenis semestinya diizinkan sebagai "pasangan sipil".

Di Gereja Katolik, pemberkatan diberikan oleh pendeta atau petinggi lainnya atas nama Gereja.

In 2013 Pope Francis famously broke with doctrinal tradition, saying Pada 2013 salah satu pernyataan Paus Fransiskus yang mematahkan tradisi doktrin: "Siapa saya, menghakimi orang-orang gay?" (Getty Images)

Senin kemarin, Paus Fransiskus merestui tanggapan dari CDF itu, dan mengatakan ini "bukan dimaksudkan sebagai bentuk diskriminasi yang tidak adil, melainkan sebagai pengingat akan kebenaran ritus liturgi".

Sejumlah paroki dalam beberapa bulan terakhir, termasuk di Jerman, dan Amerika Serikat mulai memberikan pemberkatan kepada pasangan sesama jenis, sebagai langkah untuk menerima kelompok gay di lingkungan gereja, menurut laporan kantor berita Reuters.

Tanggapan CDF adalah jawaban atas pertanyaan: "Apakah Gereja memiliki kuasa untuk memberikan pemberkatan kepada pasangan yang memiliki jenis kelamin yang sama?" Jawabannya: "Tidak"

CDF mencatat pernikahan antara pria dan wanita adalah sebuah kesakralan, dan untuk itu pemberkatan tak bisa diberikan kepada pasangan sejenis.

"Untuk alasan ini, tidak diperbolehkan untuk mendapatkan pemberkatan pada hubungan yang melibatkan aktivitas seksual di luar nikah (yaitu, di luar pasangan tak terpisahkan dari pria dan wanita yang terbuka dengan sendirinya, menuju transmisi kehidupan), seperti kasus pasangan yang memiliki jenis kelamin yang sama," kata CDF.

Bagaimana reaksi netizen?

Dalam tanggapan yang "menantang", sejumlah warganet mengunggah foto dari pernikahan sesama jenis - termasuk Chasten Buttigieg, suami dari kandidat presiden AS 2020, Pete Buttigieg.

Kelompok Katolik Moderat juga mengungkapkan keprihatinan mereka atas deklarasi Vatikan itu.

Charlotte Clymer dari Catholics for Choice, mencuit: "Menjadi LGBTQ bukanlah sebuah pilihan. Orang LGBTQ adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa. Kami terlahir seperti ini, dan begitu sempurna, terlepas dari apa yang mungkin diklaim Vatikan atau otoritas agama lain."

Francis DeBernardo, direktur eksekutif grup Katolik New Ways Ministry mengatakan, pernyataan dari Vatikan itu "tidak mengejutkan, tapi tetap mengecewakan".

Apa yang dikatakan Paus Fransiskus sebelumnya?

Pada 2013, Paus Fransiskus melontarkan pernyataan yang terkenal: "Siapa lah saya, menghakimi orang-orang gay?"

Tahun lalu, Paus mengatakan dalam sebuah dokumenter karya Evgeny Afineevsky, bahwa "orang homoseksual punya hak untuk berkeluarga... mereka adalah anak-anak Tuhan dan punya hak untuk sebuah keluarga. Tak ada satu pun yang harus diusir, atau dibuat merana karenanya".

Vatikan kemudian berusaha untuk mengklarifikasi pernyataan tersebut, dengan mengatakan bahwa komentar itu diutarakan di luar konteks, dan tidak ada indikasi mendukung pernikahan sesama jenis.(Detik.com)

Gereja Viral Pernikahan Katolik


Loading...