Advertisement

Kisah Desi Sinden yang Nyambi Jadi Sopir Dump Truck di Tegal

Kisah Desi Sinden yang Nyambi Jadi Sopir Dump Truck di Tegal
Detik News
Editor: Malda Hot News —Selasa, 16 Maret 2021 14:39 WIB

Terasjabar.id - Seorang sinden asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, bernama Desi Larasati (23) dikenal juga sebagai sopir dump truck. Bagaimana cerita Desi melakukan dua pekerjaan dengan tantangan yang sangat berbeda ini?


"Sejak SMA kelas 2 saya bisa nyupir dump truck," ujar Desi saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (16/3/2021).

Desi mengaku sudah siap lahir dan batin menjalani profesinya sebagai sopir meski dunia kerjanya dinilainya cukup keras dan melelahkan. Salah satu tantangan yang ditemuinya yakni sering digoda oleh sesama sopir truk

"Hidup di jalanan dengan komunitas laki-laki sudah lazim banyak diledekin dan digoda. Itu risiko saya dan tidak membuat saya harus marah. Yang penting saya baik sama mereka, sehingga mereka sekarang justru baik dengan saya,"

Selain itu, Desi mengaku mendapat dukungan dari suami yang juga berprofesi sebagai sopir maupun keluarganya. Sehingga Desi mantap untuk melanjutkan kegiatannya sebagai sopir dump truck.

Desi bercerita penghasilannya sebagai sopir truk dipakainya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan menabung. Salah satu hasil tabungannya, yakni tiga unit dump truck miliknya sendiri. Dua unit dump truk dioperasikan olehnya dan suami, sedangkan satu unit lainnya disewakan.

"Sekarang sudah punya tiga unit dump truck. Dua sudah lunas dan satu unit masih kredit. Semoga sebentar lagi lunas," lanjut ibu satu anak ini.

Sedangkan sebagai sinden, Desi tergabung dalam kelompok wayang almarhum Ki Enthus Susmono. Dia sudah menjadi sinden sejak SMA.

Kala itu, ia mengiringi musik gamelan pagelaran wayang dalang Ki Enthus Susmono. Namun, setelah Ki Enthus Susmono meninggal dunia, Desi mendampingi anaknya yakni Ki Haryo Enthus Susmono pentas.

"Tapi sekarang jarang manggung karena pandemi," tutupnya.

Diwawancara terpisah, Ki Haryo Susilo Enthus Susmono membenarkan Desi merupakan sinden sekaligus sopir dump truck. Selain bekerjasama sebagai dalang dan sinden, Ki Haryo ternyata juga sering meminta tolong Desi untuk menguruk lahan dengan dump trucknya.

"Memang dia itu sopir truk pasir. Sering saya minta untuk nguruk lahan di rumah," ujar Ki Haryo.

"Nyindennya juga rajin. Kalau lagi ada pentas selalu ikut," pungkasnya. (sip/ams/Detik.com)

Sinden Tegal Viral Jawa Tengah


Loading...