Advertisement

Presiden Jokowi Mengatakan 'Tiga Daerah Zona Hijau di Bali akan Dibuka Penuh Untuk Turis'

Presiden Jokowi Mengatakan 'Tiga Daerah Zona Hijau di Bali akan Dibuka Penuh Untuk Turis'
(Nasional Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 16 Maret 2021 13:28 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini pemerintah sedang fokus untuk menata kembali tiga daerah di Bali yaitu Ubud di Kabupaten Gianyar, Kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua di Kabupaten Badung dan Sanur di Kota Denpasar yang menjadi zona hijau bebas Covid-19. Dia menjelaskan kawasan tersebut nantinya akan dibuka kembali untuk para wisatawan.

"Saya melihat di provinsi Bali ini kita ingin konsentrasi di 3 zona hijau yang telah ditetapkan yaitu di Ubud, di Sanur ketiga di Nusa Dua. Kita harapkan ini menjadi zona hijau, kawasan hijau yang nantinya bisa kita buka penuh untuk turis sehingga nanti mereka merasa aman dan nyaman tinggal di Bali," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi massal di Puri Saren Agung, Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (16/3).

Dia berharap dengan difokuskan di 3 daerah tersebut sektor pariwisata bisa hidup kembali. Jokowi juga mengatakan nantinya pihaknya akan memantau dan melakukan evaluasi.

"Kita evaluasi setiap minggu bagaimana perkembangan di kawasan-kawasan ini dan pada umumnya di provinsi Bali," ungkapnya.

"Kita berharap proses vaksinasi ini akan berjalan terus sampai nanti sesuai dengan target yang telah kita berikan angka-angkanya," tambah Jokowi.

Sebelumnya diketahui Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan ada 3 daerah yang telah diusulkan menjadi Zona Hijau Bebas Covid-19 yakni Ubud di Kabupaten Gianyar, Kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua di Kabupaten Badung dan Sanur di Kota Denpasar.

Adapun penetapan tiga wilayah tersebut sebagai zona hijau tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Desa/Kelurahan.

FOLLOW JUGA : 

Sebagai langkah awal, untuk memastikan kedua wilayah tersebut 100% aman maka akan dilakukan vaksinasi massal Covid-19 bagi orang yang tinggal maupun beraktivitas di kawasan tersebut. Penanggung jawab diserahkan kepada Wali Kota/Bupati daerah masing-masing.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bali, secara keseluruhan vaksinasi akan diberikan kepada 151.603 ribu orang. Dengan dua kali penyuntikan maka butuh sekitar 303.206 ribu dosis vaksin Covid-19.

“Populasi yang akan diberikan vaksin di 3 zona itu warga yang berdomisili di daerah zona, pekerja yang berasal dari daerah zona, dan pekerja dari luar daerah zona.” Kata I Wayan.

Selain data vaksinasi, persiapan lain yang telah dilakukan oleh Pemda adalah menerbitkan ketentuan pelaksanaan protokol kesehatan yang mencakup mobilitas orang, transportasi, serta infrastruktur kesehatan. Aturan ini wajib diberlakukan bagi daerah yang menerapkan Zona Hijau Bebas Covid-19. Aspek lainnya seperti Sumber Daya Manusia Kesehatan, logistik maupun sarana dan prasarana pun telah disiapkan.

“Jadi semua orang yang akan beraktivitas di sana (kawasan zona hijau) harus mengikuti ketentuan ini, tetapi kalau hanya lewat saja maka diperbolehkan,” imbuhnya.

Disadur dari Merdeka.com 

Presiden Jokowi Bali Kota Denpasar Pandemi Covid-19 UTDC Kabupaten Badung


Loading...