Kecanduan Game di Gawai, Sebanyak 4 Remaja Jabar Dirawat di Rumah Sakit Jiwa

Kecanduan Game di Gawai, Sebanyak 4 Remaja Jabar Dirawat di Rumah Sakit Jiwa
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 16 Maret 2021 12:33 WIB

Terasjabar.id - Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengunjungi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (16/3). Dia menemukan empat remaja yang kecanduan game di gawai tengah menjalani perawatan jalan.

Keempat remaja itu ditemui di salah satu ruangan konsultasi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Uu sempat berdialog dengan mereka.

"Kenapa dirawat di sini? Sudah berapa lama menjalani perawatan di sini?" tanya Uu kepada salah seorang remaja putra yang kecanduan game.

"Suka ngebanting hp (handphone). Sudah dua minggu," jawab remaja itu.

FOLLOW JUGA : 

Uu mendoakan agar para remaja putra itu bisa lepas dari kecanduan game di gawai. "Jadi saya datang ke sini untuk meyakinkan, dan memang dampak handphone ini sangat luar biasa," ucapnya.

Menurut dia, saat ini banyak anak-anak yang ketergantungan atau kecanduan terhadap gawai. Faktor penyebab kecanduannya beragam. "Penyebabnya bisa karena awalnya gangguan stres mengurung diri dan punya teman kemudian pegang telepon seluler karena enggak ada kegiatan. Bisa juga mereka enggak punya komorbid atau penyakit penyerta kemudian pegang handphone," sebut Uu seperti dilansir Antara.

Melihat fenomena kasus anak kecanduan games di gawai, Uu meminta ke para orang tua untuk bisa mengawasi anak dengan berbagai situasi dan kondisi serta memberikan pendidikan spiritual kepada anak."Jangan biarkan anak mengurung diri sendiri di kamar, anak harus ceria, harus bergaul dengan temannya tapi jangan asal bergaul. Anak harus diberikan pendidikan ukhrowi dengan memanggil ustad, atau yang nonmuslim (panggil) tokoh agama, untuk menjaga keseimbangan," kata dia.

Disadur dari Merdeka.com 

Wagub Jabar Kabupaten Bandung Barat Kecanduan Game Remaja Pandemi Covid-19


Loading...