Advertisement

Udah Tau Belum ? Ini 10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik

Udah Tau Belum ? Ini 10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik
Indonesia Tatler
Editor: Malda Komik Kita —Selasa, 16 Maret 2021 10:26 WIB

Terasjabar.id - Meskipun sempat kalah pamor dengan komik Eropa dan Jepang, kini komik Indonesia kembali meraih hati para pembaca. Selain kualitas gambarnyayang tidak kalah keren, jalan ceritanya pun menarik dan seru. Dari banyaknya komik Indonesia yang ditawarkan, manakah yang sebaiknya dipilih?


Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui perkembangan komik Indonesia. Kami juga akan memberikan tips memilih dan sepuluh rekomendasi komik Indonesia terbaik. Anda akan menemukan karya dari para komikus berbakat, di antaranya Jagabumi, Shivers, dan Scrambled. Selamat membaca!

Perkembangan komik Indonesia

Sebelum beranjak ke poin memilih dan rekomendasi produknya, akan lebih menarik bila Anda mengetahui seluk-beluk perkembangan komik Indonesia. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Komik Indonesia di era cetak

Komik Indonesia telah mengalami perkembangan pesat sejak tahun 1930 sampai 2000-an. Di tahun-tahun tersebut komik Indonesia bergantung pada media cetak, seperti surat kabar, majalah, serta buku. Mayoritas komik Indonesia hadir dalam format komik setrip yang diselipkan dalam surat kabar harian atau mingguan.


Menjamurnya komik Indonesia dimulai saat kemunculan Siaw Tik Kwei yang mengadaptasi legenda pahlawan Tiongkok dalam komik Sie Djin Koe di tahun 1940-an. Ada pula R.A. Kosasih yang kemudian dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia. Terinspirasi dari komik Wonder Woman, beliau menciptakan tokoh pahlawan dengan sentuhan lokal bernama Sri Asih. Sejak itulah komik dengan genre silat dan pahlawan super cukup populer di kalangan masyarakat.


Namun, di tahun 1980-an komik Indonesia mulai mengalami masa yang sulit sejak kedatangan komik dari negara lain, seperti Jepang, Hong Kong, dan Eropa. Para komikus Indonesia berupaya bangkit kembali di tengah gempuran komik asing dan alternatif hiburan lainnya. Sampai akhirnya, dunia komik Indonesia kembali menemukan titik terang di era digital.

Komik Indonesia di era digital

Sejak akses internet makin mudah di tahun 2000-an, komikus Indonesia mulai berfokus mengedarkan karyanya secara digital. Jika sebelumnya komikus bergantung pada penerbit untuk menerbitkan karyanya, pada era ini komikus dapat berkarya secara independen. Tidak jarang pula muncul komunitas baru yang menjadi wadah bagi para komikus untuk menyebarkan karya secara terbatas. 


Komik Indonesia mulai bangkit kembali sejak kemunculan berbagai platform komik digital, seperti Line Webtoon, Ciayo Comics, dan Ngomik.com. Selain platform khusus komik, banyak komikus yang memulai karirnya dengan mengunggah karya melalui media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Kini, para penerbit besar pun tengah giat melirik potensi komikus muda dengan menerbitkan kumpulan komik versi cetak yang semula diunggah secara digital.  


Dimulai dari mengunggah karya secara digital, sejumlah komik Indonesia dapat meningkatkan popularitasnya hingga ke luar negeri. Karya para komikus Indonesia yang juga dikenal secara internasional antara lain Si Juki karya Faza Meonk, Tahilalats karya Nurfadli Mursyid, dan My Pre-Wedding karya Annisa Nisfihani.


Cara memilih komik Indonesia

Seiring dengan pesatnya perkembangan komik Indonesia, semakin banyak pula produk yang dijual di pasaran. Agar Anda tidak salah pilih komik Indonesia yang akan dibeli, simak poin-poin berikut ini, ya!

Cari tahu genre komik yang Anda sukai


Tidak jauh berbeda dengan komik dari negara lain, komik Indonesia hadir dalam beragam genre. Pilihlah genre komik yang paling sesuai dengan preferensi pribadi Anda.


Genre yang cukup sering diangkat dalam komik Indonesia adalah slice of life atau penggalan kehidupan. Biasanya, ceritanya digambarkan cukup identik dengan kehidupan sehari-hari sang komikus atau pembaca. Tidak jarang diselipkan humor dan drama untuk membuatnya semakin menarik untuk dibaca. Ada juga komik yang mengambil kisah romansa dengan berbagai latar mulai dari sekolah hingga kantor.


Sejumlah komikus memilih genre misteri dan horor yang menceritakan kejadian mistis lokal. Karena itu, tidak jarang komik genre ini terasa lebih mencekam karena pembaca yang mungkin sudah familiar dengan mitos dan hantunya. 


Belakangan ini tema pahlawan super kembali meramaikan industri komik Indonesia. Komikus berupaya menggabungkan kearifan lokal dengan aksi dan petualangan yang membuat pembaca penasaran. Anda bisa memilih genre ini bila menyukai komik superhero ala western atau manga. 

Pilih berdasarkan komikus dengan style gambarnya


Selain genre, setiap komikus Indonesia menyajikan karya dengan style gambar dan penyampaian cerita yang berbeda. Umumnya, ada dua garis besar style gambar yang mendominasi komik Indonesia, yakni berkiblat pada comic (komik Amerika) dan manga (komik Jepang). Namun, ada juga komikus yang telah menemukan style gambarnya sendiri sehingga lebih unik dan khas. 


Mayoritas komikus dengan style gambar Amerika menjadikan komik Amerika sebagai referensi karya mereka. Beberapa dari komikus tersebut bahkan ada yang memang bekerja untuk komik yang diproduksi di Amerika. Komik dengan style Amerika biasanya memiliki gambar yang cukup realistis dengan banyak warna. 


Sementara itu, banyak pula komikus yang mengadopsi style gambar ala manga dalam karya mereka. Selain style gambarnya, tidak jarang komikus lokal lebih memilih menggunakan nama pena layaknya para mangaka. Pilihlah komikus dengan style gambar yang paling disukai agar lebih menyenangkan saat membaca komik pilhan Anda.

Periksa status kelanjutan kisahnya


Jangan lupa untuk memeriksa status kelanjutan kisah komik Indonesia pilihan. Sebagian pembaca kurang sabar untuk menunggu kelanjutan komik yang sedang dibaca. Bila Anda termasuk tipe pembaca tersebut, sebaiknya pilih komik oneshot atau serial yang sudah tamat. 


Sementara itu, bila Anda cukup sabar untuk menantikan seri terbaru komik bacaan, Anda bisa memilih komik berstatus ongoing. Tidak jarang komikus membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menyelesaikan karya selanjutnya. Komik jenis ini umumnya lebih cocok untuk kolektor atau penggemar yang memang setia menunggu kisahnya tamat. 

Cek rating usia yang disarankan


Hingga kini, masih banyak yang mengira bahwa komik adalah bacaan anak-anak. Padahal, komik Indonesia yang ditawarkan kini telah tersedia untuk berbagai segmen pembaca. Komik Indonesia dengan muatan dan cerita yang ditujukan untuk pembaca dewasa pun bisa dengan mudah ditemukan. 


Karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan rating usia yang disarankan saat memilih komik Indonesia. Anda bisa lebih leluasa dan berhati-hati dalam memilih alur cerita yang telah disesuaikan dengan usia target pembaca. Jangan sampai si kecil membaca komik yang tidak sesuai dengan usianya, ya!

10 Rekomendasi komik Indonesia terbaik

Setelah mengetahui poin-poin memilih yang tepat, sekarang saatnya mengintip rekomendasi sepuluh komik Indonesia terbaik. Selamat memilih!

10

Naufal FaridurrazakSi Nopal And The Perfect Family

Mulai dari Rp 82.500,00

Penerbit Bukune
Genre Komedi
Status Tamat (3 jilid)
Rating usia pembaca Tidak disebutkan
9

Sweta KartikaKoloni Journal Of Terror

Mulai dari Rp 45.000,00

Penerbit m&c!
Genre Horor, drama, supranatural
Status Ongoing
Rating usia pembaca 13+
8

Hasmi, Bumilangit Comic Media/Andy WijayaKoloni Gundala Putra Petir - Remastered Collection

Mulai dari Rp 188.000,00

Penerbit m&c!
Genre Pahlawan super, aksi
Status Ongoing
Rating usia pembaca 17+
7

Benny Rachmadi dan Muhammad MisradBenny & Mice Lost in Bali

Mulai dari Rp 82.500,00

Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia
Genre Komedi, penggalan kehidupan
Status Tamat (2 jilid)
Rating usia pembaca Tidak disebutkan
6
Penerbit Is Yuniarto
Genre Aksi, fantasi, petualangan
Status Ongoing
Rating usia pembaca Tidak disebutkan
5

Annisa NisfihaniKoloni: My Pre-wedding

Mulai dari Rp 68.000,00

Penerbit m&c!
Genre Romantis, penggalan kehidupan
Status Ongoing
Rating usia pembaca 17+
4

Niki Dibya Wardhana, Bryan ArfiandyKoloni: Code Helix

Mulai dari Rp 60.000,00

Penerbit m&c!
Genre Drama, fiksi ilmiah
Status Ongoing
Rating usia pembaca Tidak disebutkan
3
Penerbit m&c!
Genre Sekolah, penggalan kehidupan, drama
Status Ongoing
Rating usia pembaca 13+
2

Andik Prayogo, Yudha Negara Nyoman, dkkShivers

Mulai dari Rp 30.000,00

Penerbit re:ON
Genre Misteri, horor
Status Ongoing
Rating usia pembaca 17+
1

Komik Indonesia Rekomendasi Viral eropa Jepang


Loading...