Advertisement

Wander Luiz Kondisinya Memprihatinkan, Sulit Jadi Andalan Persib Bandung di Piala Menpora 2021

Wander Luiz Kondisinya Memprihatinkan, Sulit Jadi Andalan Persib Bandung di Piala Menpora 2021
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot Persib —Selasa, 16 Maret 2021 08:36 WIB

Terasjabar.id - Persib Bandung mendapat kabar gembira menjelang turnamen Piala Menpora, 21 Maret-25 April 2021. Bomber andalan , Wander Luiz, akan tiba di Indonesia pada 16 Maret setelah melakukan perjalanan dari Brasil.

Sebelumnya, pemain bernomor punggung 9 itu itu sempat dikhawatirkan terlambat bergabung karena masalah dokumen.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts, mengatakan, Wander Luiz tidak serta merta bisa langsung datang ke Bandung dan ikut berlatih bersama tim.

Sama seperti Nick Kuipers, Luiz harus menjalani karantina mandiri selama lima hari di Jakarta.

"Dia harus melakukan karantina hingga tanggal 21 Maret. Dari dia akan datang ke Bandung pada tanggal 21 Maret dan kami bertolak ke Sleman di tanggal 22 Maret. Jadi dia akan bergabung dengan kami langsung," ujar Robert setelah memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Senin (15/3).

Berbicara kondisi fisik, pelatih asal Belanda itu mengungkapkan, Luiz tidak pada level yang diinginkan.

Bahkan kata dia, pemain yang pernah membela BECAMEX Binh Duong FC di Liga Vietnam itu mengalami penurunan kondisi fisik yang cukup tajam.

"Kondisinya tidak dalam kondisi terbaik, semua tahu dia tidak mengikuti latihan dengan tim manapun di Brasil," ucapnya.

Selama ini, Wander Luiz memang tidak bergabung dengan tim manapun saat berada di Brasil.

Berbeda dengan Kuipers yang berlatih bersama klub lamanya, MVV Maastricht untuk menjaga kondisi fisiknya.

"Jika hanya berlatih mandiri, bisa dilihat pemain yang ada saat ini, dengan berlatih di gym, tentunya hasilnya berbeda. Tidak terlihat sentuhan bola dan feeling mereka dengan bola," katanya.

Dengan kondisi seperti itu, akan sangat berat bagi Luiz untuk bisa langsung tampil pada laga pertama Piala Menpora menghadapi Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (24/3). Apalagi dia hanya memiliki waktu selama kurang lebih tiga hari untuk melakukan latihan.

"Mungkin secara fisik terlihat kuat, tapi tidak ada stamina, tidak ada eksplositvitas, sentuhan bolanya pun tidak bagus. Hanya melalui game di latihan untuk mengembalikan itu," katanya.

Di samping itu, Persib sebenarnya bisa lebih santai pada saat berlaga di Piala Menpora. Sebab, kedatangan Ezra Walian dan Ferdinand Sinaga di lini depan menjadi solusi alternatif bagi Robert.

Ezra memang belum bergabung bersama tim karena masih menjalani karantina mandiri setelah terbang dari Belanda. Pemain naturalisasi asal Belanda itu diproyeksikan bergabung dengan latihan tim pada Kamis pekan ini.

"Ezra baru akan tiba di sini (Bandung) pada Rabu malam, jadi hari Kamis seharusnya sudah bisa berlatih. Tapi itu hanya rencana, jika dia baru tiba hari Kamis karena berbagai alasan, mungkin dia baru bergabung ketika kami berlatih kembali hari Sabtu. Saat ini dia sudah di Jakarta untuk menjalani karantina," ucapnya.

Hingga kemarin, Ferdinand Sinaga juga masih terus mengembalikan kondisi fisiknya. Dia diharapkan bisa membantu lini depan Persib meskipun tidak dalam kondisi terbaik.

Alternatif lainnya adalah memainkan para pemain muda seperti Saiful, Josel, Wildan Ramdani, dan Ilham Qolba. Keempatnya pun sudah berlatih sejak hari pertama dan lebih siap bermain di Piala Menpora.

Dengan komposisi yang ada saat ini, Persib bisa dibilang cukup aman khususnya di pos penyerang. Kehadiran Luiz memang sangat diharapkan, tetapi dengan kondisinya yang belum prima, hal ini akan berisiko membuatnya cedera sebelum Liga 1 dimulai.(ferdyan adhy nugraha/Tribunjabar.id)




Wander Luiz Persib Piala Menpora


Loading...