Sosialisasi Revitalisasi Pasar Rakyat di BJB dihadiri Forkopimda

Sosialisasi Revitalisasi Pasar Rakyat di BJB dihadiri Forkopimda
Hadir Forkopimda, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, Kapolres AKBP Doffie F Sanjaya, Kepala SKPD terkait dan undangan
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 16 Maret 2021 08:21 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Revitalisasi Pasar Rakyat merupakan upaya untuk melestarikan dan mengembalikan Pasar Rakyat, agar tercipta suasana aman, nyaman, bersih, tertib, dan rapih baik kepada pedagang maupun pembeli. Hal itu dikemukakan Bupati H Acep Purnama saat digelar sosialisasi Revitalisasi Pasar Kepuh Tahap I di Aula Rapat Kantor BJB Jl Siliwangi Kuningan, hari Senin (15/3-2021). Hadir Forkopimda, Dandim Letkol Czi David Nainggolan, Kapolres AKBA Doffie Sanjaya

“Pasar kepuh kata Acep, sebagai salah satu pasar terbesar dan primadona berbelanja bagi masyarakat Kabupaten Kuningan. Tahun 2021 ini pasar Kepuh akan diadakan revitalisasi agar suasana pasar menjadi lebih nyaman, bersih, tertib, dan rapih.” ujarnya.

Program revitalisasi ini untuk menjawab dan mengatasi permasalahan pasar rakyat yang identik suasananya kumuh, kusam dan becek bila musim hujan. Melalui revitalisasi dapat mengubah presepsi masyarakat terhadap pasar rakyat yang tak aman dan tak nyaman untuk berbelanja, paparnya.

“Perubahan ini diperlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat terutama Pedagang Pasar Kepuh yang terkena dampak program revitalisasi ini. saya yakin akan karakter warga Kuningan yang selalu taat, patuh dan selalu mendukung program Pemerintah, karena program ini demi kebaikan para pedagang khususnya dan Kabupaten Kuningan pada umumnya.” imbuhnya.

Acep mengajak kepada semua pedagang yang terkena dampak revitalisasi untuk menciptakan suasana kondusif demi kelancaran revitalisasi pasar. Para pedagang pun tidak dipungut biaya renovasi.

Gambar

(Kadis Kopdagperin Kuningan  U Kusmana, S.Sos, M.Si)

“Saya yakin dan percaya kepada para pedagang akan senang, karena tempat usahanya akan dibangun lebih refresentatif menuju Pasar Kepuh sebagai Pasar Rakyat Modern di Kab Kuningan.” Selama pembangunan revitalisasi pasar, disediakan tempat relokasi untuk para pedagang agar berjualan ditempat sementara lokasi masih di Pasar Kepuh. Para pedagang yang terkena dampak revitalisasi ini nantinya menjadi prioritas utama untuk mengisi kios dan los di pasar kepuh yang baru.” janji Bupati Acep. Dengan adanya revitalisasi pasar ini diharapkan, mampu menarik kembali konsumen agar mau belanja ke Pasar Rakyat (Pasar Kepuh) serta dapat meningkatkan akses kebutuhan masyarakat. "dengan semakin ramainya pasar, omset pedagang pun akan naik dan kesempatan bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan berkembang semakin luas.”

“sehingga, Saya meminta dengan sosialisasi ini agar para pedagang bersiap-siap dan mau bekerja sama, Saya juga tekankan barusan bagi siapaun saja yang mempunyai kios, baik 1 maupun lebih dari 1 kios untuk di jadikan kios tersebut sebagai berdagang bukan menjadi alih fungsi. serta saya juga minta supaya tidak resah insya Allah kami akan memulai renovasi ini sesudah Idul Fitri agar tenang.” tegasnya.

Sementara itu. Kepala Diskopdagperin U. Kusmana, S.Sos, M.Si. melaporkan renovasi bangunan ini membutuh waktu lima bulan, adapun lokasinya yakni blok P, T U, V dan W dengan beberapa tahapan perencanaan, dan mulai pelaksanaan dari 1 Juli sampai 6 Desember 2021.

Tujuan dari Revitalisasi Pasar Kepuh ini yakni, untuk merencanakan Pasar Rakyat yang aman, nyaman, bersih serta tertata dengan rapih, membuat Pasar Rakyat dapat di kunjungi semua orang tanpa dilihat batasan umur, memberikan konsep yang modern pada tempat fasilitas dan bangunannya, menambah ruang usaha bagi masyarakat, serta meningkatkan dan memperlancar arus distrubusi barang dan jasa. "Mudah-muadahan apa yang di rencanakan dapat berjalan lancar dan sukses untuk para pedagang". Harapan yang sama disampaikan Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, mendukung penuh apa yang menjadi progam unggulan Daerah Kuningan. Doffie juga menyakinkan, semuanya agar bersama-sama saling mendukung agar program ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses, Saya yakin setelah renovasi selama 5 bulan Insya Allah keadaan akan lebih baik lagi.” (H WAWAN JR)

Pasar Rakyat BJB Forkopimda Revitalisasi Kuningan Bupati Kuninga PAsar Kepuh


Loading...