Advertisement

Kemendikbud Target Sekolah Dibuka Juli, Disdik Provinsi Banten Masih Menungu Zona Hijau

Kemendikbud Target Sekolah Dibuka Juli, Disdik Provinsi Banten Masih Menungu Zona Hijau
Ilustrasi (Harian Bhirawa : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 15 Maret 2021 12:54 WIB

Terasjabar.id - Dinas Pendidikan Provinsi Banten masih menunggu status zonasi Covid-19 di 8 kota/kabupaten di wilayah Banten sebelum melaksanakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Berdasarkan instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sekolah diminta menyiapkan segala sarana dan prasarana untuk memulai kegiatan PTM di bulan Juli 2021.

"Sampai hari ini PTM di Banten belum dilaksanakan, meskipun ada instruksi Menteri bahwa Juli PTM akan dilaksanakan," ucap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Tabrani saat berada di wilayah Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Namun begitu, dia memastikan bahwa sekolah-sekolah negeri dan swasta yang ada di wilayah Banten telah diminta mempersiapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Tujuannya agar saat PTM dilaksanakan, sekolah telah siap menjalankan aktivitas belajar mengajar di masa kebiasaan baru.

Dinas Pendidikan Provinsi Banten, juga memastikan bahwa penerapan PTM berbeda dengan seperti sebelum adanya Pandemi Covid-19.

FOLLOW JUGA : 

"Sekolah mesti mematuhi penerapan Protokol kesehatan (Prokes) ketat dan zonasi wilayah yang menggelar PTM itu, dalam zona hijau Covid-19. Tetapi kita lihat perkembangan kasus di daerah, kalau nanti melandai dan zona sudah hijau, kita buka bertahap. Kalau belum kita lihat nanti perkembangannya," ucap Tabrani.

Dia menegaskan, yang terpenting dari kegiatan belajar-mengajar di masa pandemi adalah faktor kesehatan. Bagaimana pun, sekolah bertanggungjawab terhadap kesehatan para siswa, guru dan lingkungan.

"Buat apa kita buka PTM, nanti kasusnya tinggi, atau ada klaster baru. Prinsipinya kita buka, bila kita tidak lagi khawatir ada kasus baru," ucap dia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mewacanakan untuk memulai proses pembelajaran tatap muka di sekolah maupun kampus pada tahun ajaran baru Juli 2021 mendatang.

Nadiem menjelaskan, rencana tersebut diharapkan bisa terwujud mengingat saat ini para guru dan dosen mulai disuntik vaksinasi Covid-19.

"Semua guru dan dosen, 5 juta lebih dari mereka harapannya Insya Allah akan divaksinasi sampai dengan akhir bulan Juni, sehingga tahun ajaran baru semua sekolah memulai proses tatap muka walaupun dengan tahap terbatas," kata Nadiem dalam siaran daring, Senin, 1 Maret 2021.

Disadur dari Merdeka.com

Disdik Provinsi BAnten Pandemi Covid-19 PTM Prokes Kemendikbud PTM


Loading...