Berkat Drakor, Viu Klaim Jadi Layanan Streaming Terbesar di Asia Tenggara

Berkat Drakor, Viu Klaim Jadi Layanan Streaming Terbesar di Asia Tenggara
(viu : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 15 Maret 2021 12:34 WIB

Terasjabar.id - Layanan video streaming OTT Viu mengklaim bahwa mereka menempati posisi pertama dalam agregat monthly active users (pengguna aktif bulanan) di antara platform video streaming utama di Asia Tenggara (termasuk Indonesia, Filipina, Singapura dan Thailand).

Laporan berjudul “Southeast Asia Online Video Consumer Insights & Analytics: A Definitive Study” yang dilakukan pada Q4 2020 tersebut disusun oleh AMPD Research, bagian dari Media Partners Asia (MPA).

AMPD Research mengevaluasi perilaku konsumen dan pola penggunaan di seluruh ekonomi digital, termasuk video online dan game.

Mereka menggabungkan perilaku digital yang diamati secara pasif, juga data survei empiris. Tepatya, lewat studi yang dilakukan antara Oktober hingga Desember 2020 di empat pasar Asia Tenggara. Total informasi yang dikumpulkan sebanyak 29.007 individu berusia 15+.

Laporan tersebut juga mencakup 45 platform OTT dan memberikan analisis dan profil terperinci dari platform-platform tersebut.

Hasilnya, Viu menempati urutan kedua berdasarkan paid subscribers (pelanggan berbayar) dan menit streaming di antara platform streaming utama di Asia Tenggara.

Di Indonesia dan Singapura, Viu menempati urutan kedua dalam monthly active users, paid subscribers dan total menit streaming.

Di Filipina, Viu menempati urutan pertama dalam monthly active users, kedua dalam paid subscribers dan total menit streaming.

FOLLOW JUGA : 



Chief Business Officer, Asia, Viu Helen Sou mengatakan, peluang di pasar video streaming online berkembang sangat pesat dan diperkirakan akan terus tumbuh sebesar 26% CAGR selama tiga tahun ke depan.

”Strategi konten kami yang berfokus pada konten Asia, serta model monetisasi dengan iklan dan langganan terus menarik minat pelanggan dan pengiklan di seluruh Asia Tenggara,” ujarnya.

MPA Vice President & AMPD Managing Director Anthony Dobson mengatakan, total pengguna video online di kawasan regional ini telah mencapai 195 juta, tidak termasuk YouTube dan TikTok yang merupakan User Generated Content.

Viu memimpin di antara platform dengan total 30,5 juta pengguna di dalamnya.

Menurut Anthony, keunggulan Viu adalah konten premium Korea, koleksi konten lokal serta produksi Original yang terus bertambah, yang berkontribusi pada pertumbuhan SVOD secara keseluruhan di Asia Tenggara.

Viu saat ini tersedia di 16 pasar yang tersebar di Asia, Timur Tengah, dan Afrika Selatan, dengan jumlah pengguna aktif bulanan atau Monthly Active Users (MAU) mencapai 45 juta pengguna per akhir Desember 2020.

Disadur dari Sindonews.com 

Layanan video streaming Viu Drakor Asia Tenggara MPA AMPD Research


Loading...