Menpora Gembira dan Kagum Dengan Komitmen Prokes IBL

Menpora Gembira dan Kagum Dengan Komitmen Prokes IBL
(Fitriyanto/Republika.co.id : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Minggu, 14 Maret 2021 13:40 WIB

Terasjabar.id -- Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali gembira dan kagum dengan komitmen IBL (Indonesia Basketball League) dalam menjalankan Protokol Kesehatan di awal fase pertama IBL Pertamax 2021. Hal itu diungkapkan Menpora saat meninjau langsung IBL Camp 2021 di Robinson Resort, Cisarua, Bogor Jawa Barat kemarin.

"Saya gembira Perbasi dan IBL sangat komitmen menerapkan protokol kesehatan. Apa yang dipresentasikan dalam rapat dahulu benar-benar diterapkan dalam liga. Semoga bisa dilaksanakan hingga akhir dan berlangsung baik," ujar Menpora dalam sambutannya.

Menpora mengatakan, pihaknya merasa terbantu dengan penerapan prokes seperti di IBL. "Kalau seperti ini semua kegiatan olahraga bisa berlangsung. Dibutuhkan komitmen pimpinan cabor (cabang olahraga) dan pengelola liga apakah itu kompetisi atau turnamen. Kita sebagai pemerintah memberikan dukungan kepada stakeholder olahraga," ujarnya.

FOLLOW JUGA : 



Zainudin memastika,n gelaran liga di Indonesia memiliki peran penting dalam pembentukan Timnas Basket Indonesia. "Makanya saya datang ke sini dengan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Bidang. Yang akan membantu Timnas," ujar Menpora.

Transparansi IBL
Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat. IBL juga sangat transparan dengan kondisi IBL Camp 2021. Usai laga pembuka 10 Maret lalu, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, tanpa ragu mengumumkan kepada media bahwa ada tiga orang saat menjalani tes PCR ketiga 8 Maret lalu yang positif Covid-19.

Tiga orang tersebut salah satunya Rachmad Febri Utomo, pemain senior Bima Perkasa Jogja yang kini sudah negatif dan sudah bermain di laga kedua Bima Perkasa Jogja kemarin. Dua orang lagi adalah official dari Satria Muda Pertamina dan West Bandits Solo.

Keterbukaan ini mendapat pujian dari Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto. Yang meminta semua cabang olahraga dan pengelola liga untuk menerapkan keterbukaan sama. Termasuk nanti di ajang sepak bola Piala Menpora 2021.

"Kasus di IBL jadi perhatian buat turnamen pramusim di Piala Menpora. Terutama soal transparansi atau keterbukaan. Jangan sampai ada yang ditutup-tutupi seperti di IBL soal kasus positif dibuka ke media." kata Gatot ketika dihubungi Republika, Ahad (14/3)

"Jika ada pemain di pramusim, ada yang positif Covid-19, walaupun harapannya janganlah ya, jangan ragu-ragu, harus tetap dikabarkan, karena jujur saja PSSI kan pernah ada pengalaman kurang menarik saat TC Timnas latihan, dan saat itu mereka tutup-tutupi. Enggak apa-apa disebutkan saja, dan ini jangan sampai terjadi lagi," tambah Gatot.

Gatot mengatakan menutup-nutupi informasi sebaiknya dihindari. Sebab dapat menjadi preseden buruk penyelenggaraan olahraga berikutnya. Ini bisa menjadi sorotan banyak pihak. "Kami yakin PSSI bisa, karena ini membawa marwah Menpora," ujarnya.

Disadur dari Republika.co.id

Menpora IBL Prokes IBL Pertamax 2021 PAndemi Covid-19


Loading...