Advertisement

Bisnis Cupang Avatar Hingga Nemo, Bisa Raup Jutaan Rupiah, Pembeli Ada Dari Singapura dan Malaysia

Bisnis Cupang Avatar Hingga Nemo, Bisa Raup Jutaan Rupiah, Pembeli Ada Dari Singapura dan Malaysia
Ilustrasi (Aquapedia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 14 Maret 2021 13:17 WIB

Terasjabar.id - Ikan hias ternyata banyak di gemari kalangan warga di Kuningan, hal itu kontan tidak sedikit daerah yang memiliki sejumlah mata air langsung dari pegunungan populer dengan dengan merebak pembudidaya ikan hias jenis cupang.

Seperti saat ditemui di Gallery Permai, milik Ibnu di Desa Caracas, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, ini mengemuka bahwa usaha budidaya ikan cupang sudah berjalan sekitar tiga tahunan.

Usaha budidaya ikan ini berjalan dari kesukaannya alias hobi ikan hias dengan ukuran mini, yang kemudian mendorong untuk dijadikan usaha penghasilan dalam memenuhi hajat hidup.

"Sudah jalan mau empat tahun saya fokus budidaya ikan cupang dengan aneka jenis dan ukuran," ungkap Ibnu disela kegiatannya merawat ikan cupang tersebut, Minggu (14/3/2021).

Ibnu yang belum setahun menikah terlihat makin semangat melakukan bisnis ikan hias ukuran mini tersebut.

Usaha budidaya ikan semua dilakukan secara mandiri dan otodidak alias belajar sendiri.

"Kemudian cara belajar hingga bisa merasakan keuntungan hingga saat ini, semua lihat dari sosial media dan channel YouTube tentang ikan cupang," ungkap Ibnu lagi.

Mengenai keuntungan dari hasil penjualan, kata Ibnu, dalam sebulan ini rata - rata pendapatan sebesar Rp 5 juta.

FOLLOW JUGA : 

Semua kegiatan jual beli itu dilakukan tidak bertatap muka alias online, juga untuk kebutuhan dalam transaksi itu menggunakan jasa pengantar atau ekspedisi.

"Sejak menjual melalui pasar online, itu ada pembeli dari Negara Singapura dan Malaysia, serta dari  negara - negara lainnya," ungkap Ibnu lagi.

Mengenai harga penjualan ikan cupang itu memang relatif dan ini bergantung pada postur ikan yang memiliki warna lebih menarik. Kemudian untuk harga jual itu mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 150 bahkan ada juga seharga Rp 250 ribu.

"Penjualan per ekor ikan, kita hargakan minimal atau rata - rata itu seharga Rp 50 ribu. Kemudian untuk cara pengiriman itu jelas kita kemas dengan sedemikian rapi dan memastikan bahwa kondisi ikan itu sehat," ujarnya.

Selama pengembangan atau budidaya Ikan Cupang, kata Ibnu, ada beberapa jenis yang biasa dihasilkan dari perkawinan mandiri saat akan melakukan pemijahan ikan tersebut.

Untuk jenis Ikan Cupang yang di hasilkan itu ada jenis Cupang Avatar, Black, Yellow Fancy, Nemo dan Ikan Cupang jenis Halfmoon Blue ablack.

"Kemudian untuk menjaga kualitas harga jual tinggi, jenis - jenis Ikan Cupang tentu di dukung dengan warna lebih cerah dan pekat pada warna itu sendiri," katanya. 



Disadur dari Tribunjabar.id

Kuningan Ikan Cupang Pandemi Covid-19 Ikan Hias


Loading...