Lapan Sebut Bandar Antariksa di Biak Numfor Papua Mulai Dibangun Tahun Depan

Lapan Sebut Bandar Antariksa di Biak Numfor Papua Mulai Dibangun Tahun Depan
Detik News
Editor: Malda Hot News —Jumat, 12 Maret 2021 14:02 WIB

Terasjabar.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan membangun bandar antariksa di Biak Numfor, PapuaLapan merencanakan pembangunan bandar antariksa ini dimulai tahun depan.


"Diharapkan tahun depan itu sudah bisa dimulai dilakukan aktivitas secara fisik. Karena kita perlu mengusulkan anggaran kepada pemerintah," kata Sekretaris Utama Lapan, Prof Erna Sri Adiningsih, di Kantor Lapan Pusat, Jalan Pemuda Persil, Rawa Mangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (12/3/2021).

Erna menjelaskan pada 2021 ini Lapan akan mulai melakukan studi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Dia pun mengaku studi Amdal seharusnya dilakukan di 2020 lalu, namun karena pandemi COVID-19 baru dilakukan tahun ini.


"Nah kami kalau di dalam rencana strategis Lapan ini, memang skala kecil ini kan ada di rencana renstra (rencana strategis) 2020-2024. Tetapi tahun kemarin sudah dianggarkan untuk AMDAL, hanya karena harus penghematan anggaran karena COVID, pandemi COVID pemerintah memotong sebagian anggaran pemerintah, nah itu kami terpaksa tunda. Dan tahun ini baru studi Amdal," bebernya.

Erna pun menerangkan pembangunan bandar antariksa harus mendapatkan dukungan semua pihak, baik kementerian/lembaga terkait maupun masyarakat setempat. Direncanakan, bandar antariksa yang akan dibangun di Biak Numfor ini selesai dibangun di 2024 nanti.

"Itu dimulai bandar antariksa yang skala kecil. Diharapkan akhir di periode setelah ini, di 2024 itu, untuk fasilitas di bandar skala strategis, di renstra sudah selesai. Yang kedua tentu saja kami akan terus berkoordinasi dengan PUPR yang nanti akan membantu dengan jalan. Karena kalau itu ada hambatan, ini nggak selesai, bisa mundur," ucap Erna.

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dukung pembangunan bandar antariksa

Hari ini Lapan melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor dan tokoh adat setempat. Bupati Biak Numfor Herry Ario menegaskan semua elemen masyarakat mendukung pembangunan bandar antariksa ini.

"Saya selaku Bupati Kabupaten Biak Numfor, hadir di kantor Lapan Pusat bersama Ketua DPRD, sekretariat daerah, jajaran, serta tokoh adat, agama, pemuda. Kehadiran kami di kantor Lapan Pusat, pertemuan yang kami lakukan beserta seluruh jajaran, kami pemerintah daerah menyampaikan kesediaan dan dukungan kami pada pemerintah pusat, khususnya Lapan dalam pembangunan bandara antariksa di Kabupaten Biak Numfor," ujar Herry.

Herry membantah masyarakat Biak Numfor menolak pembangunan bandar antariksa yang akan dilakukan Lapan. Penolakan dari masyarakat ini Herry katakan adalah bentuk provokasi.

"Saya harus katakan bahwa saya dalam analisa saya melihat bagian ini bahwa, kami masyarakat, pemerintah dan tokoh adat siap menerima bandara antariksa. Sehingga jangan ada yang terus memprovokasi, bahkan mungkin saja saya harus katakan mereka menginginkan untuk tidak di Biak tetapi di daerah mereka atau di tempat mereka, atau di negara mereka. Sehingga provokasi ini dimainkan untuk supaya bandara ini tidak dibangun di Biak," bebernya.

Dia pun menerangkan pembangunan bandar antariksa di Biak Numfor ini akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar, baik dari segi ekonomi, infrastruktur, dan lainnya.

"Status lahannya perlu kami sampaikan bahwa tahun 1980-an lokasi ini telah ditetapkan untuk menjadi lokasi pembangunan, atau milik Lapan untuk bandara antariksa. Dalam perkembangan dan dinamika ini memang ada pro dan kontra di beberapa hal yang teknis tetapi telah disepakati dalam pertemuan kami dengan pihak Lapan hari ini, kami berkomitmen itu juga menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah," ucap Herry. (sab/dwia/Detik.com)

Papua Viral Antariksa Jakarta Timur PuloGadung


Loading...