Shalat Tahiyatul Masjid, Bacaan Niat, Tata Cara Shalat, dan Keutamaannya, Sangat Dianjurkan Nabi SAW

Shalat Tahiyatul Masjid, Bacaan Niat, Tata Cara Shalat, dan Keutamaannya, Sangat Dianjurkan Nabi SAW
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 12 Maret 2021 10:27 WIB

Terasjabar.id - Memasuki masjid, jangan lupa mengerjakan shalat tahiyatul masjid karena sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Mengerjakan shalat tahiyatul masjid adalah satu di antara adab seorang Muslim masuk ke rumah Allah, selain dianjurkan dalam keadaan suci, memakai pakaian yang bersih, berzikir atau membaca doa (doa harian doa masuk masjid), dan memperbanyak amal shaleh dan ibadah.

Shalat tahiyatul masjid adalah shalat sunnah dua rakaat dikerjakan ketika seorang Muslim masuk masjid. Ibadah sunah shalat tahiyatul masjid berarti menghormati masjid dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Apa dalil hadis dianjurkannya shalat tahiyatul masjid?

"Dan dari Jabir ra., ia berkata: “Aku datang menemui Nabi ketika beliau berada di masjid, maka beliau bersabda (kepadaku), ‘Salatlah dua rakat." (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis riwayat Abu Qatadah bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia salat dua rakaat sebelum dia duduk." (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Tata Cara Mengerjakan Shalat Tahiyatul Masjid

Bacaan niat shalat tahiyatul masjid

أصَلِّي تَحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةَ لِلّهَ تَعَاَلَى

Usholi tahiyyatul masjid, rok’ataini sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: "Aku niat sholat tahiyatul masjid dua rakaat sunnah karena Allah Ta’ala"

Untuk tata caranya sendiri shalat tahiyatul masjid sama dengan shalat sunnah lainnya.

- Niat

- Takbiratul Ihram

- Baca Surah Al-Fatihah

- Baca Surah Pendek (Al Kafirun)

- Rukuk

- I'tidal

- Sujud

- Duduk diantara dua sujud

- Sujud

- Bangun kembali

Rakaat Kedua

- Baca Surah Al-Fatiha

- Baca Surah Pendek (Al-Ikhlas)

- Rukuk

- I'tidal

- Sujud

- Duduk antara dua Sujud

- Sujud

- Duduk Tasyahud Akhir.

Sholat Tahiyatul masjid ini bisa dilakukan setiap kali kita masuk masjid tidak harus hari Jumat saja.

Namun alangkah baiknya jika sholat Tahiyatul Masjid ini dikerjakan sebelum memulai ibadah sholat Jumat.

Keutamaan shalat tahiyatul masjid

1. Memuliakan atau Menghormati Masjid

Sholat tahiyatul masjid ini adalah seperti seseorang sedang mengucapkan salam di saat masuk rumah ataupun mengucapkan salam saat bertemu dengan sesama umat Islam.

Hal ini berarti dengan melaksanakan sholat tahiyatul masjid, merupakan bentuk pemuliaan terhadap masjid di mana merupakan rumah Allah atau baitullah.

2. Menutupi kekurangan sholat wajib.

Dalam Hadits nabi disebutkan, "Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada manusia di hari kiamat nanti adalah sholat.

Allah 'azza wa jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, "Lihatlah pada sholat hamba-Ku. Apakah sholatnya sempurna ataukah tidak? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna.

Namun jika dalam sholatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah. Jika hamba-Ku memiliki amalan sunnah, Allah berfirman: sempurnakanlah kekurangan yang ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya." Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini." (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad).

Dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa sholat tahiyatul masjid dapat menutupi kekurangan sholat wajib.

3. Bentuk ketakwaan

Sholat tahiyatul masjid, seseorang dapat mencerminkan ketakwaan dan ketawakkalan diri sebagai seorang hamba kepada Allah.

Sholat tahiyatul masjid menjadi salah satu wujud dari kesungguhan serta tekad yang berasal dari seorang hamba yang dilakukan hingga rela menghabiskan waktu, tenaga bahkan mungkin hartanya hanya untuk mengerjakan sholat sehingga lebih mendekatkan diri pada Allah.

4. Amalan Utama

Sholat tahiyatul masjid merupakan amalan yang paling utama. Tsauban berkata jika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Beristiqamahlah kalian dan sekali-kali kalian tidak dapat istiqomah dengan sempurna. Ketahuilah, sesungguhnya amalan kalian yang paling utama adalah sholat. Tidak ada yang menjaga wudhu melainkan ia adalah seorang mukmin." (HR. Ibnu Majah no. 277 dan Ahmad 5: 276.

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

5. Sebagai penghapus dosa dan meninggikan derajat.

Sholat tahiyatul dapat menghapus dosa dan meninggikan derajat, karena dengan memperbanyak sujud bisa dilakukan dengan cara menjalankan beberapa sholat sunnah seperti sholat tahiyatul masjid.

6. Menghilangkan Masalah Hidup

Allah telah memerintahkan kepada manusia agar mengerjakan sholat-sholat sunnah dengan niat hanya karena Allah semata, yang dimulai dari sejak awal hari paling sedikit empat rakaat, maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya. (Sunan Ad-Darimi; Musnad Ahmad).

7. Penyempurna Sholat Fardu

Sholat tahiyatul masjid sebelum melaksanakan sholat fardhu di dalam masjid, dapat menyempurnakan sholat fardhu.

Jika ada kelalaian pada shalat fardhu, lupa, kesalahan atau kekurangan maka bisa disempurnakan dengan shalat sunnah tersebut.

8. Sebagai rasa syukur.

Sholat tahiyatul masjid juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur dari seorang hamba kepada Allah SWT atas segala nikmat yang sudah diperoleh seperti nikmat rezeki, nikmat sehat, nikmat senang, nikmat bernapas, nikmat berjalan dan berbagai nikmat lainnya yang sudah Allah berikan.

9. Menamban Keimanan

Melaksanakan Sholat Tahiyatul masjid akan menambahka keimanan dan ketakwaan seseorang, hal ini seperti firman Allah dalam surat Yunus ayat 62-63.

10. Sholat sunnah yang dianjurkan.

"Sesungguhnya di antara tanda-tanda dekatnya kiamat adalah seseorang melalui (masuk) masjid, namun tidak melakukan sholat dua rakaat di dalamnya." (HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya).(Tribunjabar.id)



Shalat Jumat Tahiyatul Masjid Niat Bacaan Sholat


Loading...