ILUNI UI Menerima Penghargaan dari BNPB, Komitmen Bantu Pemerintah Atasi Bencana

ILUNI UI Menerima Penghargaan dari BNPB, Komitmen Bantu Pemerintah Atasi Bencana
(Ist/Sindonews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 12 Maret 2021 10:15 WIB

Terasjabar.id - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menerima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional BNPB tahun 2021.

Penghargaan diberikan kepada ILUNI UI sebagai bagian dari unsur masyarakat dalam sistem Pentahelix atas intensitas, konsistensi, dan inovasi dalam penanggulangan bencana.

Ketua Umum ILUNI UI yang juga Ketua Tim Koordinator Relawan Satgas COVID-19, Andre Rahadian menerima langsung penghargaan tersebut dari Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo, Rabu (10/3/2021). Sebelumnya, penghargaan serupa telah diterima ILUNI UI pada tahun 2020 lalu.

Menurut Andre, penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen dan upaya aktif ILUNI UI dalam membantu pemerintah, para pemangku kepentingan, dan masyarakat luas dalam bidang penanganan dan penanggulangan bencana.

"Semoga di tengah krisis pandemi seperti sekarang, semangat untuk membantu sesama terus berkibar, agar bersama-sama kita bisa ringankan beban negeri ini dari segala musibah dan bencana yang melanda," tutur Andre dalam keterangan resminya, Jumat (12/3/2021).

Andre menyebut, berbagai komitmen dan kerja ILUNI UI untuk kemanusiaan telah dilakukan sepanjang kepengurusan ILUNI UI, salah satunya ditunjukkan pada bencana banjir yang melanda DKI Jakarta, Banten, Bekasi, Bogor, dan sekitarnya pada awal 2020.

FOLLOW JUGA : 



Tak hanya itu, ILUNI UI juga berpartisipasi aktif dalam penanganan COVID-19 sejak dini sebelum ditemukan kasus 1 dan 2. ILUNI UI melalui ILUNI UI Tanggap COVID-19 pun telah memberikan berbagai bantuan seperti penyediaan hand sanitizer dan disinfektan, dan bantuan logistik serta konsumsi untuk mahasiswa dan masyarakat.


ILUNI UI juga aktif memberikan edukasi terkait COVID-19 melalui berbagai diskusi, serta rekomendasi dari para pakar dalam bentuk kertas kerja (policy paper).

Tenaga kesehatan dan fasilitas masyarakat juga menjadi sasaran bantuan dengan penyediaan alat pelindung diri (APD) serta bantuan logistik dan konsumsi untuk nakes.

"Upaya aktif ini terus dilakukan dengan menggandeng ILUNI Fakultas, Wilayah, Chapter, dan juga pemangku kepentingan, serta masyarakat," katanya.

Koordinator ILUNI UI Peduli sekaligus Koordinator ILUNI UI Tanggap COVID-19, Endang Mariani mengatakan, penghargaan yang diterima oleh ILUNI UI merupakan bentuk apresiasi untuk para relawan ILUNI UI.

Apalagi, di tengah situasi pandemi, upaya relawan tetap terjun ke lapangan untuk membantu masyarakat bukan hal yang mudah.

"Meskipun di tengah pandemi, relawan-relawan Community Disaster Response Team (Co-DRT) ILUNI UI yang merupakan gabungan dari Alumni Peduli Center, Community Development Center, ILUNI Resimen Mahasiswa (MENWA UI), dibantu oleh center-center lain bekerja sama dengan ILUNI UI dari berbagai unsur tetap bekerja untuk membantu masyarakat terdampak bencana alam lainnya," jelas dia.

Lebih lanjut, Endang juga menekankan bahwa kerja-kerja kemanusiaan harus tetap dilanjutkan, meski dalam situasi apapun.

Penghargaan juga bukan tujuan utama, tetapi manfaat yang luas bagi siapapun yang menerimanya.

Menurutnya, penghargaan ini menjadi amanah dan pengingat bagi ILUNI UI untuk bekerja dengan lebih keras demi menolong sesama.

Selain ILUNI UI, BNPB juga memberikan penghargaan yang sama kepada UI untuk kategori institusi pendidikan.

"ILUNI UI menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua pihak yang telah mempercayakan amanahnya untuk terus berbagi kebaikan. Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk bersinergi karena bencana tidak bisa dihadapi sendirian," pungkasnya.

Disadur dari Sindonews.com 

ILUNI UI BNPB Pandemi Covid-19 Prokes


Loading...