Advertisement

Danrem 062/Tn Dampingi Pangdam III/Slw Resmikan Jembatan Gantung Siliwangi 3 HUM 54

Danrem 062/Tn Dampingi Pangdam III/Slw Resmikan Jembatan Gantung Siliwangi 3 HUM 54
Editor: Jajang Teras Garut —Kamis, 11 Maret 2021 18:07 WIB

Terasgarut - Danrem 062/Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S.Sos., mendampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A, beserta rombongan meresmikan jembatan gantung Siliwangi 3 HUM 54 di Desa Palabuhan, Kecamatan Ujung Jaya, Sumedang, Kemis (11/03/2021).

Kegiatan diawali dengan pengalungan bunga oleh Kades Palabuhan kepada Pangdam III/Siliwangi sebagai ucapan selamat datang di Desa Pelabuhan.

Pangdam III/Slw menyambut baik dan penuh rasa bangga atas terbangunnya jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Cimanuk dengan diberi nama jembatan gantung Siliwangi 3 HUM 54 dan itu singkatan dari Haji Umuh Muchtar.

"Keberadaan jembatan gantung ini bagi warga masyarakat sangat penting dan strategis, bukan hanya sebatas sebagai sarana akses penghubung antar wilayah, tetapi juga memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas sosial ekonomi masyarakat, dan juga stabilitas pertahanan wilayah khususnya masyarakat yang berada di Palabuan di Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang, dan Desa Babakan Anyar Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka, serta warga di sekitarnya yang memanfaatkan keberadaan jembatan ini,"' ungkap Pangdam III/Slw, dalam sambutannya.

Pangdam III/Slw mengharapkan, dengan berdirinya akses jalan berupa jembatan gantung ini bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, lahir maupun batin.

"Warga masyarakat dapat berinteraksi satu dengan yang lainnya secara normal, tidak lagi tersekat oleh bentangan Sungai Cimanuk yang memisahkannya, lebih dari itu berfungsinya jembatan gantung itu diharapkan dapat mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepada warga masyarakat untuk meraih kehidupan kesejahteraan yang lebih baik," ujar Pangdam III/Slw.

Dirinya sangat memberikan apresiasi yang tinggi diantaranya kepada H. Umuh Muchtar atas bantuannya memberi dana untuk membangun jembatan Siliwangi 3 ini.

"Mudah-mudahan manfaat bagi warga Desa Palabuan Kabupaten Sumedang dan Desa Babakan Anyar Kabupaten Majalengka," ucap Pangdam III/Slw, dirinya menitipkan jembatan gantung Siliwangi 3 HUM 54 untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta dapat dirawat dan dipelihara dengan baik sehingga dapat kokoh berdiri dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelumnya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi dalam sambutannya menyampaikan, peresmian jembatan gantung Siliwangi 3 HUM 54 yang menghubungkan Desa Palabuan dengan Desa Babakan Anyar hari ini amat bersejarah karena bertepatan dengan peringatan 27 Rajab, di mana umat Islam sedang memperingati Isra Mi'raj jungjunan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

"Ini sejarah baru, karena pada kenyataannya wilayah terluas dan terpanjang yang berbatasan Majalengka dengan Sumedang di Jawa Barat. Nampaknya memanjang dari Sumedang sampai dengan Kecamatan Jatitujuh. Sehingga kami bersilaturahmi, berkoordinasi dan dapat menghubungkan jalur transportasi untuk ekonomi rakyat, jembatan gantung yang dibangun seperti ini adalah sangat penting yang menghubungkan 2 Kabupaten ini," ucapnya.

Bupati Karna mengucapkan selamat datang di perbatasan wilayah Majalengka dan Sumedang tentu adalah ucapan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa, atas Nama Rakyat Kabupaten Majalengka tepatnya Desa Babakan Anyar, mereka dengan hadirnya jembatan ini akan dimudahkan komunikasi, bersilaturahmi dan tranportasi.

"Mudah-mudahan ada nilai manfaat atas keberadaan dan kehadiran jembatan ini," pungkasnya.

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, SE., menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Sumedang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu terwujudnya pembangunan jembatan gantung Siliwangi 3 HUM 54 ini.

"Terima kasih atas inisiatif Bapak Pangdam III/Siliwangi, Danrem 062/Tn, juga orang tua saya pak H. Umuh Muchtar terima kasih , sehingga terwujud jembatan gantung yang menghubungkan 2 Desa, 2 Kecamatan dan 2 Kabupaten," ucapnya.

Jembatan gantung ini terbentang di atas Sungai Cimanuk yang menghubungkan 2 Desa dan 2 Kecamatan, sekaligus 2 Kabupaten yakni Desa Pelabuan Kecamatan Ujungjaya dan Desa Babakan Anyar Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka.

Kegiatan ini juga termasuk dalam program 1000 jembatan gantung untuk Indonesia oleh tim vertical rescue Indonesia, yang dikomandani oleh Kang Teddy.

"Terima kasih, yang dikerjakan oleh unsur TNI dari Kodim 0610/Sumedang, Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang, warga masyarakat dan pihak-pihak lainnya," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan dibangunnya jembatan ini, perekonomian masyarakat di Desa Palabuan dan Babakan Anyar, bisa lebih sejahtera perekonomiannya dan transportasi untuk pertanian semakin lancar.

Sementara itu, H. Umuh Muchtar (Manager PERSIB) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih, atas di bangunnya jembatan gantung ini.

"Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat untuk menghubungkan 2 Desa dan 2 Kecamatan agar bisa bersilaturahmi," ucap H. Umuh, gagasan Panglima ini luar biasa, terima kasih pak ke depan kita akan lebih baik lagi dan masyarakat sangat senang serta antusias sekali menyambut kedatangan kita sampaikan bahwasanya bawakan Persib juara.

Sebagai bukti peresmian jembatan gantung Siliwangi 3 HUM 54 ini ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan pengguntingan pita oleh Pangdam III/Slw, sebagai tanda hari ini dimulainya jembatan gantung bisa beroperasi dan dipergunakan.

Pada peresmian ini dihadiri diantaranya Asintel Kasdam III/Slw, Aspers Kasdam III/Slw, Asops Kasdam III/Slw, Aster Kasdam III/Slw, Kapendam III/Slw, Danpomdam III/Slw, Danrem 063/Sgj, Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi, Bupati Majalengka dan Forkopimda Kabupaten Majalengka, Dandim 0610/Sumedang, Dandenpom III/2 Garut, Danyonif R 301/PKS, Kapolres Sumedang, Bupati Sumedang, SKPD terkait dan tokoh masyarakat. (Penrem 062/Tn)***

Danrem 062/Tn Dampingi Pangdam III/Slw Resmikan Jembatan Gantung Siliwangi 3 HUM 54


Loading...