Advertisement

Koramil 1509 Laksanakan Giat Biopori Resapan Air

Koramil 1509 Laksanakan Giat Biopori Resapan Air
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 10 Maret 2021 13:03 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Anggota Koramil 1509 Ciawigebang membuat resapan air atau Biopori di taman Makoramil, Rabu (10/3/2021).

Danramil 1509 Ciawigebang, Kapten Arh Mulyadi menjelaskan, lubang biopori ini sebagai teknologi ramah lingkungan, tujuannya untuk menyerap air, serta menghasilkan pupuk kompos alami setelah diisi sampah serta daun-daunan.

Lanjut Kapten Arh Pembuatannya mudah, yaitu dengan melubangi tanah sedalam 1 meter dan pasang pipa paralon yang sudah diberi lubang. Biopori itu menyerap air atau embun sehingga terjadi kompos yang bisa digunakan untuk warga," paparnya.

Gambar

Ia menjelaskan manfaat dari biopori tersebut, mulai dari menambah air tanah, serta mengurangi resiko banjir serta genangan saat musim hujan.

"Ini meruapakan perintah dari Pangdam III Siliwangi dalam membangun kondisi lingkungan yang asri. Diaharapkan TNI proaktif menyosialisasikan pentingnya untuk membuat lubang resapan biopori (LRB) dan membuat pupuk kompos,"

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini bisa di duplikasi oleh seluruh masyarakat sehingga bisa meminimalisir terjadinya banjir. imbuhnya. (H Aboy)

Anggota Koramil 1509 Ciawigebang Biopori Taman Makoramil Pandemi Covid-19


Loading...